Gizi Bayi 6 Bulan

No comment 939 views

Pada saat bayi sudah berusia 6 bulan, maka Bunda sudah dapat memberikan makanan pendamping ASI bagi si kecil. Tetapi perlu diperhatikan pemberian makanan pendamping harus tepat karena jika diberikan secara tidak tepat maka akan mempengaruhi gizi bayi.

Pemberian makanan pendamping ASI harus memperhatikan jumlah, variasi, frekuensi dan konsistensinya. Banyak para Bunda yang tidak mengetahui bagaimana mengolah dan memberikan variasi makanan untuk memenuhi gizi bayi setelah 6 bulan sehingga status gizi si kecil akan menjadi turun dan memepengaruhi sekali dalam pertumbuhan badannya.

Jika makanan pendamping ASI yang diberikan gizinya jelek maka si kecil tidak bisa bertumbuh tinggi dan sehat, maka daripada itu perlu diperhatikan asupan makanannya, makanan yang diberikan harus mengandung protein hewani, protein nabati, karbohidrat serta harus mengandung vitamin, mireal dan serat.

Jangan terlalu mengandalkan pemberian susu formula sebagai pengganti ASI karena biasanya susu formula banyak mengandung  gula sehingga menyebabkan si kecil mengalami obesitas.

Bunda, jangan takut memberikan makanan pendamping ASI yang bervariasi tetapi perlu juga diperhatikan untuk waktu pemberian setiap jenis makananya berikan 1 jenis makanan terlebih dahulu selama beberaha waktu, misal berikan variasi makanan dari bubur beras merah+ikan+sayur selama 4-5 hari terlebih dahulu sehingga Bunda dapat mengetahui apakah si kecil mempunyai reaksi alergi. Jika si kecil tidak mempunyai reaksi alergi terhadap ikan maka bisa diberikan variasi telur atau daging.

Dan yang paling penting diperhatikan bahwa jangan memberikan makanan pendamping kepada si kecil bila usia bayi belum  6 bulan karena usus si kecil masih rentan dan belum dapat berfungsi dengan sempurna.

author