Gula berlebih mengancam kesehatan anak

No comment 714 views

Kanak-kanak merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan yang baru mencapai titik pesatnya. Pada masa ini, tentu sangat diharapkan anak dapat tumbuh dan berkembang dnegan normal. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan pertumbuhan anak menjadi tidak normal. Faktor tersebut dapat berasal dari dalam maupun dari luar. Faktor dari dalam misalnya adalah karena genetis. Faktor dari luar dapat disebabkan karena kecelakaan, konsumsi obat, maupun konsumsi makanan yang berefek tidak baik bagi kesehatan.

Makanan merupakan hal yang sangat akrab dengan kehidupan, bahkan menjadi kebutuhan primer manusia. Ada banyak sekali jenis makanan, namun dalam artikel ini akan dibahas makanan yang mengandung gula serta dampaknya bagi tubuh.

Gula merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam kadar tertentu. Gula akan masuk bersama makanan, lalu diubah menjadi glikogen yang dapat dijadikan energi oleh tubuh. Walaupun gula sangat diperlukan, namun gula berlebih akan berakibat buruk bagi kesehatan. Memburuknya kesehatan anak tentu juga akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Berikut adalah beberapa gangguan yang muncul karena kelebihan konsmusi gula:

bola ubi

  • Gigi berlubang

Gula yang terkena gigi (tertinggal di dalam mulut) akan memicu munculnya bakteri yang dapat menurunkan kesehatan gigi. Cara mencegahnya adalah dengan rajin mengajak anak menyikat gigi. Bunda juga harus memastikan telah menjalankan cara perawatan gigi anak.

  • Obesitas

Mkanan yang manis jika dikonsumsi berlebihan akan meningkatkan berat badan dan akhirnya berakibat pada obesitas. Anak yang obesitas akan kurang energic, kurang sehat, dan pertumbuhannya akan terganggu. Oleh karena itu, mengatur pola makan anak menjadi hal yang penting.

  • Kenaikan gula darah

Gula berlebihan dapat menyebabkan gula darah berlebih (diabetes melitus). Diabetes ini merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja dan berdampak sangat buruk bagi kesehatan.

author