Hal Baru Yang Perlu Kita Dorong Untuk Dilakukan Orang Tua

Hal-hal Baru yang Perlu Kita Dorong untuk Dilakukan Orang Tua

1.    Bepergian
Sekarang orang tua kita memiliki banyak waktu, mungkin juga uang. Ada banyak tempat menarik yang bisa mereka kunjungi, yang dulu tidak sempat dikunjungi saat masih muda. Dorong mereka pergi ke sana.

2.    Olahraga
Dengan menjaga kebugaran tubuh, kita bisa panjang umur. Ada olahraga-olahraga khusus untuk para lansia, misalnya bowling. Ajak orang tua kita bermain bowling.

3.    Menulis
Apakah ibu seorang penyair yang baik? Atau apakah ayah suka menulis otobiografi? Dorong mereka menulis, tidak harus dipublikasikan. kita yang menjadi pembacanya.

4.    Pelihara binatang kesayangan
Dengan sibuk mengurus binatang-binatang piaraan, orang tua tidak akan mengganggu kita.

5.    Belanja
Para orang tua lansia lebih suka mengotak-atik apa yang mereka miliki daripada membeli yang baru. Ajak orang tua pergi berbelanja dan mentraktir diri sendiri sesekali.

6.    Jadi relawan
Orang tua memiliki banyak pengalaman dan waktu. Pasti selalu ada orang yang lebih renta dari orang tua kita, yang mungkin butuh bantuan. Kegiatan-kegiatan amal membutuhkan relawan.

7.    Ikut klub atau organisasi tertentu
Di sekeliling Anda ada begitu banyak klub dan organisasi-organisasi sosial. Apapun tujuan kelompok-kelompok tersebut, pasti ada klub atau organisasi yang cocok untuk orang tua kita yang sudah tua.

8.    Telusuri dunia maya
Internet merupakan dunia yang tak terbatas untuk dijelajahi. Dalam internet ada banyak chat-rooms orang tua yang bisa menjadi media para orang tua untuk berelasi dengan sesama yang memiliki antusiasme sama.

9.    Belajar
Jangan berhenti belajar. Orang tua kita mungkin perlu belajar bahasa asing tertentu sesuai kebutuhan saat liburan atau belajar keahlian baru lain.

10.    Mencintai
Bila kedua orang tua kita masih hidup bersama, masa tua mereka bisa menjadi kesempatan sekaligus tantangan tersendiri. Dorong mereka mengunjungi kembali tempat-tempat yang memiliki kenangan romantika tertentu bagi mereka.

Tolong “share” ke teman-teman yang lain agar mereka juga dapat memetik hikmah yang ada pada renungan di atas. Semoga dapat bermanfaat bagi kehidupan kita, terimakasih.

( Sumber :  carahidupkita.blogspot.com )

author