Hal-Hal yang Harus Dilakukan Ketika Anak Kejang Karena Demam

Demam anak sering terjadi. Ada banyak faktor penyebab demam anak. Ketika demam, sering kita jumpai anak kejang. Kejang demam terjadi ketika suhu tubuh naik menjadi 38 derajad atau lebih. Kejang demam ini biasanya terjadi pada anak yang berusia 6 bulan hingga 5 tahun. Ketika anak mengalami kejang demam, sering kali orang tua akan merasa panik.

Ciri-ciri anak emngalami kejang demam antara lain mata mendelik atau terkadang berkedip-kedip, kedua tangan dan kaki kaku, terkadang diikuti kelojotan, dan saat kejang anak tidak sadar tidak memberi respons apabila dipanggil atau diperintah. Jika sudah begini, orang tua harus memberikan pertolongan pertama untuk kejang demam anak.

bayi demam

Orang tua juga dihimbau untuk tidak panik. Kejang demam ini hanya akan berlangsung sebentar, yaitu kurang dari lima menit dan tidak akan berulang selama 24 jam. Hal-hal yang harus dilakukan ketika anak mengalami kejang demam antara lain:

  1. Taruhlah anak di tempat yang aman, jauhkan dari benda-benda yang mudah jatuh, listrik, dan barang pecah belah
  2. Posisikan anak miring ke kiri atau ke kanan agara air atu muntahan yang ada di muljut bisa keluar dan tidak menyebabkan tersedak
  3. Jangan memasukkan apapun ke mulut anak
  4. Jangan berusaha memaksa anak untuk berhenti kejang, hal ini dapat menyebabkan patah tulang
  5. Amati gerakan anak, agar memudahkan diagnosa dokter
  6. Setelah kejangnya berhenti, bawa anak ke dokter atau unit gawat darurat terdekat.

 

author