Hal-Hal Yang Membuat Orang Bahagia

No comment 585 views

Hal-hal yang membuat orang bahagia

1.    Bangun pagi dengan tubuh segar
Agar merasa bahagia saat terjaga, kita perlu memiliki jumlah waktu tidur yang cukup. Kebutuhan tidur harus terpenuhi.

2.    Memiliki kekasih
Segelintir orang senang melewati masa lajang selama bertahun-tahun dengan menikmati kesendirian. Banyak pula yang melarikan diri dari realitas dengan mencari berbagai kesibukan. Kenyataannya, memiliki kekasih yang mencintai kita bisa memicu meluapnya kebahagian dalam hidup kita.

3.    Jaga kebugaran
Tubuh manusia, khususnya otak, akan berkerja maksimal bila tubuh fisik sehat-walafiat. Akan tetapi, kita tidak perlu harus mengikuti kelompok olahraga senam. Yang dibutuhkan adalah selalu aktif menggerak-gerakkan tubuh dengan cara apa pun yang kita disukai.

4.    Tetapkan tujuan
Dengan menetapkan tujuan-tujuan skala kecil, kita bisa lebih fokus mewujudkannya. Karena itu, perlu banyak membuat tujuan jangka pendek dan merayakannya setiap kali berhasil mencapai suatu tujuan.

5.    Bangun zona aman
Pernah melihat hewan piaraan membuat sarang? Dalam sarang itu, hewan tersebut merasa aman, hangat dan terlindung. “Sarang” kita bisa berupa rumah tempat tinggal, ranjang tidur, atau bahkan kamar kecil. Pergilah ke tampat-tempat di mana kita bisa beristirahat tenang.

6.    Berusaha sesuai kemampuan
Kadang, orang terjebak oleh keinginan melakukan banyak hal sekaligus. Karena itu, mereka pontang-panting ke sana-ke mari. Saya tidak mendorong kita memberi ruang bagi penyakit malas. Yang diperlukan adalah agar kita tidak memikul beban-beban yang melebihi batas kemampuan.

7.    Traktir diri sendiri
Bila tidak ada orang yang mentraktir, kita perlu belajar mentraktir diri sendiri. Jadikan setiap traktir sebagai hadiah keberhasilan kita menggapai prestasi, atau kemajuan tertentu. Besar kecil traktir tidak jadi masalah. Yang penting, kita mulai membiasakan diri melakukannya hari ini!

8.    Beri hadiah
Membuat orang lain bahagia merupakan salah satu cara yang baik untuk membahagiakan diri sendiri. Coba tumbuhkan sikap dermawan kepada teman-teman. Hidup itu sendiri akan membalasnya dengan berlimpah.

9.    Bersikap toleran
Orang-orang di sekitar kita akan selalu meluapkan kekhawatiran dan kecemasan kepada kita. Berusahalah agar tidak terbawa arus kesedihan mereka, kecuali bila kita mengasihi mereka.

10.    Luangkan waktu untuk bermain
Saat meninggalkan masa kanak-kanak dan memasuki masa dewasa, kita melupakan begitu saja kebutuhan untuk bermain. Bermain santai, khususnya dengan pasangan hidup, akan membantu kita melupakan berbagai beban dan tertawa lepas.

Tolong “share” ke teman-teman yang lain agar mereka juga dapat memetik hikmah yang ada pada renungan di atas. Semoga dapat bermanfaat bagi kehidupan kita, terimakasih.

( Sumber :  carahidupkita.blogspot.com )

author