Hal yang Harus Anda Lakukan Saat Bayi Batuk Pilek

Waktu Batuk pilek si kecil pasti sangat tersiksa. Apalagi jika buah hati anda masih dibawah umur 2 tahun, anda sebagai orang tua sangat tidak tega melihat buah hati anda batuk pilek. Tak dapat tidur, sulit bernapas, makan tak enak, tubuh nyeri, pusing, lemas.

Bayi Pilek

Bayi Pilek

Bunda jangan khawatir, karena kini ada Cara Menangani Bayi Batuk Pilek. Yang perlu Bunda lakukan adalah selalu berdoa untuk kesembuhan buah hati Bunda dan membaca tips yang TipsAnak.Com berikan.

Berikut ini 5 Langkah yang Harus Dilakukan Ketika Bayi Batuk Pilek :

  • Berikanlah kenyamanan. Orangtua yang senantiasa ada di dekat anak sakit bakal membuatnya terasa nyaman. Diluar itu kamar yang bersih, tak gelap dan pengap, hangat, aliran udara lancar bakal membuat istirahatnya cukup.
  • Selalu kasih ASI serta minum air putih yang masih hangat sesering mungkin. Ini bakal mendukung sistem pengeluaran slem (dahak) lebih cepat. Lewat cara ini otomatis, dapat kurangi batuk, serta hidung mampat. Lebih baik jika si anak diberi kompres hangat di sekitar hidung, kening, muka serta dada sepanjang 30 menit. Fungsinya sama, dapat membuat pernapasan anak menjadi lega, serta dapat mengeluarkan slem.
  •  

    Berjemur dibawah cahaya matahari pagi dibawah jam 7, baik dilaksanakan. Fungsinya dapat untuk melawan virus, menyingkirkan/keluarkan slem, juga meredakan batuk.

  • Untuk melonggarkan pernapasan yang mampet dapat menteteskan cairan garam fisiologis ke lubang hidungnya, 2-3 tetes telah cukup.
  •  

    Waktu batuk-batuk, usahakan dia tidur dalam posisi tengkurap atau telungkup. Dengan posisi ini napasnya bakal lega, serta dapat meredakan batuk.

Sedikit tips tambahan, usahakan Bunda jaga kebersihan diri Bunda. Cuci tangan sebelum menyusui, makan juga yang sehat dan bergizi. Beri dede bayi ASI dan juga obat dari dokter saja. Untuk menyusui juga harus hati-hati, jangan terlalu deras, sedot terlebih dahulu agar tidak menyusahkan si bayi dalam menelan. Selalu jaga agar bayi tidak tersedak saat menyusui.

Nah, kini anda mengerti apa yang harus dilakukan jika bayi pilek. Sekian tentang Cara Menangani Batuk Pilek Pada Anak, semoga bermanfaat.

author