Hal Yang Harus Diketahui Seputar Perut Bayi Kembung

Perkembangan bayi sejak baru lahir haruslah dilihat dan dipantau terus menerus. Hal ini sangat berkaitan dengan kesehatan dan tumbuh kembangnya. Adapun gejala atau tanda yang ditunjukkan oleh si kecil biasanya sering menangis. Jika ada penyebabnya, tentu para orang tua tak perlu terlalu khawatir namun jika tidak ada tanda-tanda yang membuat ia menangis, tentu harus diwaspadai.

Umumnya, si kecil menangis karena perut bayi kembung yang biasanya sangat sering terjadi dikarenakan organ pencernaannya belum matang. Yang pada akhirnya membuat gas menjadi mudah berkumpul di lambung atau usus. Meskipun demikian, ibu jangan terus panik namun kenali terlebih dahulu gejala dan penyebabnya agar dapat diketahui bagaimana mengatasinya.

Perut Bayi Kembung dan Penyebabnya

perut bayi kembungAda beberapa hal yang menyebabkan perut bayi menjadi kembung seperti posisi menyusui yang kurang tepat sehingga udara pun ikut terhisap pada si kecil. Secara perlahan, udara ini akan terus menumpuk pada dada yang pada akhirnya akan menimbulkan kembung.

Kemudian, penyebab kedua adalah bayi menunda lapar terlalu lama. Tidak sedikit ibu yang kurang memperhatikan kebutuhan si kecil terlebih saat menyusui dikarenakan beberapa alasan seperti bekerja di kantor, aktifitas rumah yang sangat banyak hingga produksi ASI yang terus menurun. Akibatnya, sangat berpengaruh kepada kondisi perut si kecil.

Selanjutnya, penyebab perut bayi kembung adalah tidak tahan dengan laktosa yang berasal dari susu formula. Kandungan laktosa yang terus menerus diberikan akan menyebabkan gas terkumpul di dalam usus. Biasanya, hal ini terjadi karena anggapan bahwa memberikan ASI eksklusif tidaklah cukup sehingga perlu diberikan susu tambahan.

Tindakan Yang Harus Dilakukan

Setelah diketahui apa yang menjadi penyebabnya, maka tindakan yang dapat dilakukan pun cukup sederhana seperti meletakkan kain hangat di atas perut bayi. Kemudian, melakukan pemijatan secara lembut dengan cara mengusap perut bayi ke arah usus besar. Lakukan sentuhan ini hingga si kecil tidak menangis lagi.  Atau, tindakan lainnya adalah membuat posisi bayi tengkurap sehingga gas yang ada di dalam perut dapat keluar dalam bentuk buang angin.

Namun, jika beberapa tindakan diatas belum memberikan rasa nyaman pada si kecil, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter untuk dicari tahu solusi medis dalam menyembuhkan perut bayi kembung.

author