Hal Yang Mempengaruhi Keadaan Psikologi Bayi Dan Anak

Keadaan psikologi bayi dan anak bisa saja terus berubah dan terkadang tidak sesuai dengan kehendak yang kita inginkan. Sebagai orang tua, kita tentu saja ingin anak mempunyai psikologi yang terus positif. Namun banyak keadaan di dalam lingkungan sosial atau lingkungan keluarga yang menyebabkan perubahan perilaku dan psikologi anak. Sejatinya, apa saja detail yang mempengaruhi keadaan psikologi bayi dan anak Anda? Temukan jawabannya hanya di artikel ini.

Lingkungan keluarga

Ini merupakan basis psikologi yang begitu besar dan memang sangat berpengaruh pada perkembangan anak dimanapun mereka berada. Ketika bayi dan anak dibesarkan pada keluarga yang penuh kasih sayang, maka mereka akan mendapatkan dampak psikis yang begitu positif. Mereka bisa menjadi pribadi yang percaya diri, dan kemudian menjadi orang sukses. Sebaliknya, apabila anak Anda dibesarkan dengan rasa kasih sayang tidak adil, tekanan kuat, dan beragam masalah lainnya. anak akan merasa terkucilkan dan mereka bisa menjadi pemberontak.

Lingkungan sosial yang tidak cocok

Anak juga sering mendapatkan masalah ketika berada di lingkungan pergaulannya. Suatu lingkungan yang tidak cocok dengan harapan keluarga mungkin saja bisa menjadi pemicu psikologi anak menjadi buruk. Sebagai contoh, apabila anak dibesarkan di keluarga yang religious. Sementara itu teman-teman di dekat tempat tinggalnya ternyata sangat mudah meninggalkan norma agama, tentu saja akan meninggalkan pengaruh buruk kepada keadaan psikologi anak.

Sosial ekonomi

Pernahkah Anda melihat ada banyak anak yang merasa minder kemudian memaksakan diri untuk tampak kaya? Ada banyak kita lihat anak-anak yang berasal dari keluarga dengan tingkat eknomi yang pas-pasan, kemudian ia bergaul bersama remaja kaya lainnya. Ia memang minder, dan kemudian psikologinya terganggu sehingga menuntut orang tuanya untuk memberikan fasilitas sama dengan anak-anak orang kaya di tempat pergaulannya.

Untuk mendapatkan keadaan psikologi bayi dan anak yang kembali baik, maka Anda perlu memberikan mereka pengertian, kasih sayang, dan perhatian yang begitu besar demi tumbuh kembangnya mereka. Anak Anda adalah asset masa depan dan anugrah yang tidak ternilai.

author