Hati Hati Pengaruh Negatif Dari Dunia Maya

No comment 698 views

Tidak hanya anak yang suka “kelayapan” bermain dengan anak-anak tetangga yang rentan terpapar pengaruh negatif. Anak-anak yang tak pernah keluar rumah pun, bisa mendapat pengaruh negatif, yakni dari dunia maya.

Anak usia sekolah mendapat contoh kosakata yang tidak sepantasnya dari status teman-temannya di berbagai media, termasuk jejaring sosial. Kebiasaan berlama-lama online pun bisa melenakannya dari kewajiban yang harus dilakukan. Bila ini terjadi, berikut yang harus dilakukan:

* Anak-anak usia SD sebaiknya tidak dibekali dengan smartphone alias handphone dengan koneksi internet. Ini akan membuatnya keasyikan sendiri dan kontrol dari orangtua lebih sulit.

* Laptop, tablet, gadget apa pun dengan koneksi internet sebaiknya diletakkan di ruang terbuka di dalam rumah sehingga kapan pun orangtua bisa mengawasi anak. Anak juga segan berbuat yang tidak-tidak kalau tahu kapan pun orangtua bisa melihatnya berinternet.

* Lebih baik lagi kalau aktivitas online itu dilakukan bersama. Orangtua dan anak sama-sama mengunggah foto dan video bersama. Dari sini, orangtua bisa melihat dengan siapa saja anak berteman, bagaimana interaksinya, tanpa anak merasa dimata-matai.

author