Ibu Menyusui Berpuasa, Amankah?

No comment 493 views

Ibu menyusui, dalam islam memang mendapat hukum khusus dalam pelaksanaan ibadah puasa. Ada sebuah keringanan untuk tidak berpuasa jika memang takut akan berdampak buruk pada si bayi jika ibu memaksakan berpuas. Namun tetap diwajibkan menggantinya.

Lantas bagaimana dengan kesehatan, apakah ibu menyusui boleh berpuasa? Ya, ibu hamil boleh berpuasa, hanya saja ada beberapa hal yang wajib diperhatikan agar bayi tetap mendapat asipan yang cukup sepanjang hari. Berikut beberapa tips aman berpuasa bagi ibu menyusui:

ibu puasa

  • Ibu menyusui hendaknya mempertimbangkan usia bayi. Akan lebih aman jika bayi telah memasuki usia 6 bulan, karena pada usia ini bayi telah diperkenalkan dengan makanan pendamping asi untuk memenuhi nutrisinya. Sedangkan ada bayi di usia dibawah 6 bulan hendaknya ibu tidak memaksakan diri.
  • Pastikan nutrisi selama berpuasa terpenuhi dengan baik. Meskipun tengah berpuasa usahakan untuk tetap makan tiga kali sehari, yakni waktu berbuka, agak malam setelah sholat tarawih, dan ketika sahur. Khusus makan sahur, hal ini wajib dilakukan untuk menjaga kondisi anda menghadapi sehari berpuasa. Jangan lupa menyantap menu yang bergizi seimbang, disarankan ibu menyusui mengkonsumsi karbohidrat 50%, protein 30%, dan lemak 20 %. Perbanyak pula konsumsi buah dan sayur yang dapat melancarkan produksi asi.
  • Cukupi kebutuhan istirahat. Puasa memang bukan untuk bermalas – malasan, namun jika kondisi anda tengah menyusui lebihkan porsi istirahat anda. Umumnya ketika sehabis menyusui ibu akan merasa sedikit lemas, maka beristirahat sejenak akan membantu memulihkan energi.
  • Jangan pernah memaksakan diri. Jika memang tanda – tanda tubuh menunjukkan anda harus membatalkan puasa, maka jangan pernah memaksakan diri. Memaksakan diri untuk berpuasa dalam keadaan yang tidak memungkinkan hanya akan membahayakan diri dan bayi anda.
author