Imunisasi untuk Ibu Hamil

No comment 635 views

Imunisasi sering dilakukan kepada anak-anak atau bayi. Bukan hanya itu, ternyata ada juga imunisasi yang dikhususkan bagi ibu hamil. Tujuannya adalah untuk mencegah penyakit yang dapat menyerang selama masa kehamilan. Hal ini sangat penting, karena selama kehamilan daya tahan tubuh ibu cenderung menurun.

keputihan pada ibu hamil

Imunisasi pada ibu hamil yang dianjurkan adalah menggunakan vaksin dari virus yang dimatikan atau non aktif. Jika vaksin hidup, dikhawatirkan akan terjadi infeksi pada janin selama masa kehamilan. Mau tahu vaksin apa saja yang dianjurkan? Simak berikut 4 macam vaksin untuk ibu hamil:

1. Tetanus Toksoid (TT)

Vkasinasi dilakukan untuk menghindarkan bayi dan ibu dari penyakit tetanus yang mematikan. Di negara berkembang biasanya terjadi persalinan di tempat yang kotor atau dengan alat yang kurang steril. Hal ini dapat menyebabkan tetanus pada bayi yang bermula dari pemotongan tali pusar dengan alat yang kurang bersih dan steril. Vaksinasi dapat dilakukan menjelang pernikahan atau jika sudah terlewat, dapat diberikan 2 kali dengan jarak 1 atau 2 bulan pada masa kehamilan.

2. Influenza

WHO menganjurkan untuk dilakukan imunisasi influenza pada ibu hamil untuk mengurangi risiko bayi terkena infeksi. Infeksi ini sangat rentan pada kondisi kehamilan yang lemah atau bayi yang kurang gizi. Meurut salah satu jurna di Inggrios, kematian bayi usia dibawah 6 bulan karena flu masih tergolong tinggi.

3. Hepatitis B

Hepatitis dapat menular langsung pada janin. Oleh karena itu, hepatitis harus dicegah terjadinya kepada Ibu hamil.

4. Meningococcal

Vaksin ini terbuat dari bakteri meningococcal yang sudah mati/tidak aktif yang aman untuk bayi. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya meningitis atau radang selaput otak pada ibu maupun janin.

Selain vaksin untuk Ibu hamil, Penting juga untuk Bunda ketahui mengenai vaksin untuk bayi dan anak-anak.

author