Ini Dia Cara Tepat Menidurkan Bayi yang Sedang Rewel

Seperti yang telah banyak disosialisasikan oleh kader – kader kesehatan anak, salah satu faktor penting untuk menunjang proses pertumbuhan dan perkembangan bayi adalah tidur yang berkualitas dan cukup. Tingkat kualitas tidur bayi dapat dilihat dari seberapa nyenyak dan seberapa lama si kecil tidur. Hal ini selain sangat bermanfaat untuk kesehatan pertumbuhan bayi tentunya juga sangat bermanfaat untuk ibu yang mengasuhnya. Mengapa? Kerena jika bayi sedang terlelap makan si ibu akan memiliki waktu untuk beristirahan.

Tingkat kualitas tidur pada bayi sendiri sebenarnya sangat ditentukan oleh pembiasaan yang dilakukan oleh sang ibu dalam mengatur pola tidurnya. Pola tidur yang teratur tentunya akan memudahkan bayi untuk tidur sehingga ibu tak perlu repot – repot membujuknya tidur. Namun meskipun seorang bayi telah terbiasa dengan pola tidur yang teratur tersebut, terkadang ada saat – saat tertentu dimana bayi rewel dan susah tidur, misalnya ketika ia sedang tidak enak badan atau cuaca yang sedang tidak bersahabat. Lantas bagaimana solusinya? Ada banyak solusi menidurkan bayi yang sedang rewel yang dapat Anda lakukan diantaranya sebagai berikut.

rewel susah tdur

Cara menidurkan bayi yang rewel

  • Ayun – ayun

Cara yang cukup efektif yang umumnya dilakukan oleh banyak ibu adalah dengan meletakkan bayi pada ayunan dan mengayunnya secara perlahan. Irama gerakan ayunan yang pelan dan tenang dapat membuat bayi rileks dan lambat laut akan tertidur.

  • Timang – timang

Cara kedua ini prinsipnya sama dengan cara pertama. Cara ini dapat dilakukan sebagai cara alternative jika Anda belum mempunyai ayunan bayi atau kasur goyang khusus bayi.

  • Musik lembut

Music dengan irama slow atau lembut memang sejak dulu telah dipercaya mampu membuat rileks dan tenang bayi yang sedang rewel. Dengan demikian bayi akan terbawa suasana dan tertidur dengan lebih mudah.

  • Berikan ASI

ASI sering dijadikan senjata andalan bagi ibu ketika bayinya sedang rewel. Ternyata dengan memberikan ASI kepada bayi dapat membuatnya tenang dan kenyang, sehingga menyebabkan lebih mudah tidur.

Dari beberapa cara yang dapat dilakukan diatas, intinya seorang ibu harus sepandai mungkin membuat bayi rileks sehingga mudah untuk tidur. Yang paling penting jangan sampai terbawa emosi pada bayi yang sedang rewel, karena hanya akan membuat suasana semakin kacau dan bayi menjadi semakin susah tidur.

author