Ini nih Karakteristik Anak Usia Dini yang Perlu Bunda Pahami

Tak dapat dipungkiri jika anak usia dini kerap berperilaku unik dan terkadang sedikit merepotkan sang bunda. Bagaimana pun juga hal seperti ini alamiah dan terjadi pada setiap anak dalam masa perkembangannya, sehingga bunda harus dapat memakluminya. Nah untuk itu perlu atau bahkan wajib bagi bunda untuk dapat memahami karakteristik anak usia dini agar dapat melakukan tanggapan yang tepat untuk setiap perilaku anak si kecil.

anak usia dini

Karakteristik anak usia dini

  • Egosentris. Pada tahap ini anak biasanya akan memiliki keegoan yang cukup tinggi yang dibuktikan dengan pola pikir dan sudut pandang kepentingan dirinya sendiri.
  • Aktif dan energik dalam beraktivitas. Anak seakan tak memiliki rasa lelah ketika sedang bermain atau beraktivitas, berlari kesana kemari dengan penuh semangat.
  • Eksploratif dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Ketika anak sudah mulai mengenal lingkungan luar anak akan banyak bertanya sebagai wujud keingin tahuannya. Selain itu dengan adanya rasa ingin tahu yang kuat anak akan banyak melakukan hal – hal baru.
  • Semangat belajar tinggi. Rasa ingin tahu yang dimiliki anak membuat anak memiliki semnagat yang tinggi untuk belajar.
  • Spontanitas yang tinggi. Sifat anak yang masih sangat polos menyebabkan apa yang mereka lakukan merupakan cerminan asli dari apa yang ada dalam hati dan fikirannya. Biasanya hal ini terjadi secara spontan.
  • Imajinatif. Pada tahap ini anak sangat tertarik dengan cerita fiktif penuh imajinasi baik dalam bentuk cerita dibuku, komik, maupun film. Apa yang mereka lihat tersebut coba mereka lakukan, seolah – olah mereka menjadi tokoh dalam cerita tersebut.
  • Mudah bosan dan frustasi. Meskipun rasa ingin tahu anak tinggi namun ia cenderung mudah bosan terhadap sesuatu. Selain itu jika apa terjadi pada dirinya tak sesuai dengan apa yang diharapkan ia akan lekas kecewa yang ditunjukkan dengan sikap marah atau menagis.

Dengan mengetahui beberapa karakteristik anak usia dini diatas diharapkan bunda dapat memahami perilaku anak dan dapat membimbing serta mengarahkan anak agar tidak terjadi hal negatif.

author