Inilah Cara Cerdas Menegur Anak Ketika Berbuat Salah

Anak – anak usia balita seringkali melakukan perbuatan yang mungkin membuat Anda gemas atau bahkan sedikit marah. Dengan kepolosan yang ada pada diri anak ia akan melakukan sesuatu apa adanya, namun hal ini tidak jarang justru membuat anak melakukan hal – hal yang tidak semestinya.

Jika anak hanya melakukannya sekali atau dua kali dan tidak mengulanginya, mungkin masih bisa Anda tolelir. Namun jika anak melakukannya berulang – ulang, inilah yang menjadi masalah. Oleh sebab itu memberi teguran ketika anak melakukan kesalahan merupakan hal yang perlu dilakukan, hanya saja Anda harus melakukannya secara benar.

cara menegur

Berikut cara cerdas menegur anak ketika melakukan kesalahan:

  • Lakukan dengan kasih sayang. Ketegasan yang Anda lakukan kepada anak harus selalu didasari dengan rasa kasih sayang, jangan pernah menegur anak dengan suara yang tinggi, membentak, atau bahkan memarahi.
  • Hindari menggunakan kalimat negatif. Dalam menegur anak usahakan untuk tidak menggunakan kata – kata seperti “jangan”, “tidak boleh”, “gak usah”, atau sejenisnya. Ganti kata – kata tersebut dengan kata yang sifatnya lebih positif, misalnya “ibu lebih senang jika…..”. Meskipun nampaknya spele namun hal ini akan berpengaruh pada psikologis anak.
  • Jangan pernah memberi hukuman. Ingatlah kesalahan yang dilakukan anak umumnya disebabkan karena keluguan dan kepolosannya dalam bereksplorasi. Untuk itu hukuman bukanlah sebuah solusi. Ada baiknya Anda memberikan pemahaman secara baik – baik mengapa anak tak boleh melakukan apa yang Anda larang.

nah itu tadi beberapa cara menegur anak yang benar. semoga bermanfaat!

author