Inilah Cara Terbaik Merangsang Bayi Merangkak

Anda memiliki bayi usia sekitar 8 bulan? Apakah ia sudah mampu merangkak? Jika belum Anda patut untuk merasa kawatir. Meskipun tidak semua bayi mempunyai tempo perkembangan yang sama, namun umumnya mereka tetap akan mencapai sebuah tahap dalam rentang waktu yang relatif sama. Dan merangkak merupakan salah satu tahap perkembangan bayi usia 8 bulan.

Berbicara mengenai bayi yang terlambat memasuki tahap merangkak, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya. Mulai dari keterlambatan perkembangan otot, malnutrisi, hingga kurangnya stimulus atau rangsangan.

Nah jika memang penyebabnya adalah yang terakhir disebutkan, mudah kok merangsang bayi agar cepat merangkak. Anda hanya perlu mengetahui beberapa tips sederhana yang telah kami rangkum spesial untuk Anda. Apa saja tipsnya? Check it out!

merangkak1

Tips merangsang bayi agar cepat merangkak

  • Lebih sering posisikan bayi dalam keadaan tengkurap. Tengkurap akan merangsang bayi untuk berusaha dan membiasakan diri melatih otot – otot tubuhnya agar ia mampu mengangkat kepala, tubuh, dan bergerak dengan perutnya. Hal ini merupakan cikal bakal kemampuan merangkak bayi.
  • Letakkan mainan menarik di depannya. Mainan akan membuat bayi tetarik hingga akirnya ia terstimulasi untuk menggapainya. Nah berawal dari ketertarikannya ini diharapkan ia akan mampu menggeser sedikit demi sedikit tubuhnya dengan menggunakan perut. Beri tepuk tangan atau pujian setiap kali bayi mampu bergerak mendekati mainan tersebut.
  • Berikan contoh cara merangkak. Bayi usia 8 bulan telah mampu melihat dan memperhatikan dengan baik orang – orang disekitarnya, terlebih orang tuanya. Untuk itu ada baiknya Anda memberi contoh dengan merangkak disampingnya, dengan demikian ia akan terpancing untuk mengikuti gerakan Anda secara bertahap.
author