Inilah Manfaat Musik Untuk Bayi

No comment 1040 views

Selama masa kehamilan, ada baiknya ibu harus lebih meluangkan waktu banyak untuk mencari segala hal yang berhubungan dengan perkembangan janin. Hal ini penting agar di masa pertumbuhan nantinya, si kecil akan menjadi sehat serta mampu berinteraksi dengan baik. Salah satunya adalah mengenalkan musik pada janin yang ada di dalam kandungan.

Tidak ada yang meragukan manfaat yang diberikan saat mengenalkan musik terlebih pada masa hamil. Biasanya, janin lebih menunjukkan reaksi tertentu saat diperdengarkan sebuah musik. Hal ini bisa dirasakan oleh janin berupa gerakan halus atau justru semakin cepat.

musik untuk bayiNah, saat si kecil sudah terlahir ke dunia, maka musik yang sudah dikenalkan terlebih dahulu ternyata memberi manfaat yang begitu besar. Musik untuk bayi akan membuat mereka lebih tenang bahkan pencernaannya jauh lebih baik. Tentu saja, dampak positifnya adalah efisiensi metabolisme meningkat yang pada akhirnya akan menaikkan berat badan.

Musik Pada Bayi : Memilih Jenis Musik Yang Tepat

Dengan mengetahui manfaat yang diberikan oleh musik pada bayi, ada baiknya orang tua memilih jenis musik yang memang layak untuk diperdengarkan. Saat ini, ada banyak jenis musik yang dapat dipilih namun satu hal yang harus dipertimbangkan adalah memilih musik yang dapat membangun kepribadiannya serta merangsang otak.

Sebut saja musik pop non klasik dengan volume sedang. Adapun jenis musik tersebut seperti akustik gitar atau piano dengan suara sedang. Pasanglah musik yang easy-listening karena bayi memiliki daya konsentrasi yang masih sangat pendek.

Atau, bisa juga memilih musik rohani yang pastinya lebih lembut dan secara dini sudah diperkenalkan tentang ajaran agama itu sendiri. Hal ini penting agar jiwa anak menjadi lebih tenang dan rileks yang memberikan dampak lebih selama masa perkembangannya.

Satu hal yang terkadang dilupakan adalah para orang tua sendiri pun bisa bernyanyi sepanjang hari. Efek samping yang diberikan adalah terbentuknya ikatan emosional yang begitu erat sehingga insting seorang ibu akan lebih tajam tatkala bayi mengeluh atau menangis. Yuk, pilih jenis lagu atau musik pada bayi yang tepat.

author