Intip Yuk, 5 Manfaat Menyusui Ibu

No comment 499 views

Menyusui merupakan proses pemberian nutrisi pada bayi yang dilakukan oleh ibu melalui air susu ibu (ASI). ASI ini merupakan makanan yang sangat baik dan memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan seimbang untuk tumbuh kembang anak. Selain manfaat ASI untuk anak, ternyata banyak kebaikan Asi untuk Ibu.asi

Berikut adalah manfaat meyusui untuk kesehatan ibu:

1. Mengurangi pendarahan setelah melahirka

Pendarahan pasca melahirkan akan berkurang karena kadar oksitosin meningkat sehingga pembuluh darah menutup dan pendarahan akan lebih cepat berhenti.

2. Mengurangi terjadinya anemia

3. Menurunkan risiko kanker payudara

4. Menjarangkan kehamilan

Selama ibu memberi ASI eksklusif dan sebelum haid 98% tidak akan hamil pada 6 bulan pertama. Sekitar 96% tidak akan hamil hingga bayi berusia 12 bulan.

5. Lebih praktis dan ekonomis

Bunda tidak perlu menyiapkan banyak hal untuk membuatkan susu untuk si buah hati. Selain itu, dengan ASI bunda akan menghemat pengeluaran untuk membelikan susu si kecil.

Bunda, ternyata tidak hanya bayi yang mendapatkan manfaat dari ASI. Banyak juga manfaat menyusui untuk kesehatan Ibu. Jadi mulai sekarang jangan ragu-ragu lagi untuk menyusui Si Kecil. Selain itu, dengan menyusui kedekatan bayi dan Bunda akan semakin meningkat. Kedekatan ini akan membuat bayi merasa aman dan nyaman di pelukan Bunda. Untuk kedepannya, kedekatan secara psikologis ini akan sangat baik untuk tumbuh kembang anak.

 

author