Jadwal Pemberian Asi Pada Bayi Yang Baru Lahir

Ketika bayi baru lahir mereka belum bisa mengkonsumsi makanan padat, sehingga untuk memberi nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi adalah dngan memberinya ASI. Sebagaimana yang diketahui, air susu ibu merupakan sumber nutrisi terbaik untuk bayi. Sehingga pertumbuhannya nanti dapat berjalan dengan baik, selain itu dengan memberi ASI juga mempercepat interaksi bayi dengan ibunya.

memberi asi pada bayi

Karena bayi yang baru lahir hanya meminum ASI saja, ternyata hal tersebut malah membuat sang ibu bingung. takutnya nanti mereka akan memberikan ASI berkebihan pada si bayi, wajar saja karena bayi sendiri masih belum bisa berbicara sehingga kita tidak tahu kapan dia sudah merasa kenyang atau lapar.

Meski demikian, kita sebagai ibunya tidak perlu khawatir jika ingin memberikan ASI pada sang buah hati. Sebab jika ASI yang diminumnya sudah berlebihan, maka  secara otomatis tubuh si bayi akan memuntahkannya. Sehingga kita tidak perlu khawatir jika sang buah hati akan merasa kekenyangan, begitu juga ketika mereka merasa lapar untuk meminta ASI akan menangis sekeras – kerasnya.

Walau tidak dapat dipastikan dengan jelas, namun hal tersebut sudah menjadi pertanda alam antara ibu dan bayi. Untuk batasan memberi bayi ASI sebenarnya tidak ada, hanya saja ketika bayi baru lahair anda harus menyusui selama 45 menit sekali. Tergantung si bayi juga, misalnya sang bayi masih teridur maka anda tidak perlu membangunkannya untuk memberi ASI.

Secara pasti kita memang tidak bisa memastikan jadwal memberi ASI untuk bayi, sebab setiap bayi akan merasakan lapar pada jam yang berbeda. Namun biasanya bayi akan memberikan isyarat pada ibunya ketika mereka lapar, yaitu dengan mengeluarkan tangisan sekeras – kerasnya. Sedangkan untuk bayi yang baru lahir, biasanya akan diberi ASI kurang lebih selama 5 menit untuk pertama kalinya. dan selanjutnya si bayi sendiri yang akan memberi isyarat jika mereka menginginkan ASI.

author