Jadwal Pemberian Imunisasi Bayi

No comment 720 views

Sejak lahir bayi memang sudah memiliki kekebalan tubuh yang didapatkan dari ibunya, namun antibodi tersebut hanya bersifat sementara dan tidak dapat melindungi bayi selamanya. Makanya tidak heran bila bayi sering sakit, khususnya setelah bayi berumur 3 bulan. Dan untuk mengatasi hal tersebut, biasanya dokter anak akan melaklukan imunisasi yang bertujuan untuk menciptakan kekebalan buatan pada si bayi.

Istilah kasarnya bayi sengaja ditanami bibit penyakit tertentu agar tubuhnya terbiasa dengan virus – virus penyakit tersebut, sehingga bila suatu saat bayi terserang virus yang sama sudah memiliki antibodi yang siap melindunginya dari penyakit tersebut. Oleh karena itu sebaiknya anda rajin dan tepat jadwal dalam memberikan imunisasi pada bayi anda, dan berikut ini telah kami rangkumkan informasi terkait jadwal pemberian imunasasi pada bayi.

jadwal imunisasiKeterangan :

1. Imunisasi Polio: Memberikan kekebalan bagi bayi terhadap penyakit polio (kelumpuhan)
2. Imunisasi Hib: Mencegah bayi terkena infeksi Haemophils influenza tipe b yang dapat menyebabkan penyakit
3. Imunisasi BCG: Ditujukan untuk memberikan kekebalan bayi terhadap bakteri tuberkolosis (TBC)
4. Imunisasi DPT: Memberikan kekebalan bagi bayi terhadapat penyakit Dipteri, Pertusis (batuk rejan) dan tetanus.
5. meningitis, infeksi tenggorokan dan pnemonia. Imunisasi Hib ini sangat mahal, maka belum di wajibkan.
6. Imunisasi Pneumokokus: melindung bayi dari bakteri penyebab infeksi pada telinga. Selain itu bakteri ini bisa menimbulkan permasalah serius seperti meningits dan infeksi pada darah (bakteremia)

Nah itulah jadwal pemberian imunisasi untuk bayi, jika anda merasa bingung dengan tablet di atas silakan baca keterangan. Ingat memberikan bayi imunisasi adalah sesuatu yang wajib, sebab bila tidak diberikan imunisasi kedepannya si bayi akan sangat rentan terserang penyakit seerti diare, masuk angin, atau hanya sekedar meriang.

author