Jadwal Tidur Bayi yang Baik

No comment 432 views

Jadwal tidur bayi memang merupakan bagian penting dan harus selalu diperhatikan oleh setiap orang tua. Ketika seorang bayi mendapatkan jadwal tidur yang amat buruk, maka ia bisa mendapatkan banyak dampak buruk pula bagi kesehatan. Seorang bayi yang tidur cukup, mempunyai sistem kesehatan yang amat baik terutama dalam pemenuhan energi serta metabolism di dalam tubuh. Bagaimana pola atau jadwal tidur bayi yang baik? Di bawah ini kami menghadirkan beragam jadwal secara khusus kepada anda.

Bayi usia 0-3 bulan

Seorang bayi yang baru lahir, biasanya mempunyai jadwal tidur yang super banyak. Bayi di minggu pertama, akan mendapatkan jadwal tidur selama 17 hingga 18 jam selama sehari. Kemudian, jadwal tidur tersebut berkurang secara perlahan hingga pada bulan ketiga, bayi hanya tidur selama 15 jam setiap hari. Waktu dalam sekali tidur adalah 3 hingga 4 jam setiap hari. Jika bayi anda mengalai gangguan tidur, maka silakan konsultasikan kepada dokter anda.

Bayi usia 3-6 bulan

Kebutuhan tidur bayi pada usia di atas 3 bulan pada umumnya jadwal yang tepat adalah 15 jam sehari. Seorang bayi akan mendapatkan pembagian jam yang berbeda misalnya 10 jam pada malam hari dan 3 jam di siang hari. Seorang ibu mempunyai peranan penting untuk menentukan jadwal tidur seorang bayi. Oleh karena itu, buatlah suasana yang nyaman sehingga bayi tidak mempunyai gangguan ketika tidur dan ia mendapatkan jadwal sempurna.

Bayi usia 6-9 Bulan

Pada usia ini, jadwal tidur yang tepat bagi seorang bayi adalah 14 jam setiap hari. Bayi juga mampu tidur sepanjang 8 jam dalam satu kali waktu. Seorang ibu, hanya membutuhkan pengenalan jadwal tidur bayi secara konsisten agar seorang bayi mampu mendapatkan pola tidur yang konsisten serta tertata.

Bayi Usia 9-12 Bulan

Kebutuhan jadwal tidur bayi dalam usia ini adalah sebanyak 12 jam. Bayi bisa tidur siang selama dua kali pada masa ini yaitu antara 1,5 hingga 2 jam. Untuk memberikan kesehatan prima terhadap bayi anda, cobalah untuk membentuk waktu tidur yang cukup demi tumbuh kembangnya si kecil. Selain itu, coba pula menerapkan langkah-langkah dengan konsisten.

Itulah beberapa bagian penting dalam jadwal tidur bayi yang bisa anda coba di rumah.

author