Jaga Kesehatan Demi Kesuksesan Masa Tua

No comment 380 views

Kagum ketika melihat tetangga, sepasang suami istri sedang “berkebun” di halaman depan rumahnya. Umur mereka sekitar 60 tahunan, dengan rambut yang sudah beruban, tapi mereka masih terlihat sehat dan sigap mengeluarkan tanaman dan tanah dari pot-pot, menggantinya dengan campuran tanah dan pupuk yang baru.

Pagi itu, hari minggu pukul tujuh dengan sinar matahari yang masih hangat dan tentunya baik bagi kulit dan tulang mereka.Mereka sepasang suami istri pensiunan dari salah satu BUMN terkenal. Dengan dua anak, dan keduanya sudah berkeluarga, yang satu tinggal di Jakarta, dan satunya lagi tinggal di Padang. Kedua anaknya sudah bisa dikatakan sukses. Kegiatan sepasang suami istri ini, lebih banyak menghabiskan waktu dengan berkeliling bergantian ke tempat anak-anaknya. Dua bulan di Jakarta, kemudian pulang ke rumah sendiri istirahat selama satu bulan, lalu dua bulan berikutnya di Padang. Kalau tidak begitu, mereka mengunjungi sanak keluarga di kota-kota lain. Mereka terlihat bahagia dan sehat, melakukan perjalanan jauh masih dapat mereka lakukan. Usia lanjut bukan halangan bagi mereka untuk berjalan-jalan.

Hari senin saat di kantor, teman-teman yang masih lajang – muda – calon pemimpin, banyak yang sedang terserang flu, bersin-bersin, bahkan batuk yang disertai demam. Virus ini menyebar dan menular bergantian kepada teman-teman kantor lainnya, seperti lingkaran setan. Bisa jadi mereka menularkan virus ke keluarga mereka di rumah. Padahal hanya dengan menjaga kebugaran dengan asupan gizi yang cukup, menimbulkan imunitas yang baik, virus tersebut tidak mudah menyerang tubuh. Kalau dihitung-hitung minimal sebulan sekali ada yang terkena flu kemudian menyebar bergantian, tidak masuk kantor karena sakit, mengeluarkan uang ekstra untuk ke dokter – obat – makanan – suplemen.

Wah kenapa bisa seperti itu? Kalau dipikir-pikir, kita pasti memilih masa muda sukses dan senang-senang, masa tua kaya raya dan bahagia.Dan mungkin kita semua sedang berusaha mati-matian meraih hal itu. Tapi sayangnya masih banyak dari kita yang melupakan kesehatan. Bukan kesehatan hari ini saja, tapi kesehatan 10, 20, 30, 40 tahun lagi. Pernah terpikirkah oleh kita, bagaimana kesehatan kita di masa tua? Apakah kita akan selalu sehat? Atau mengidap penyakit gula, terkena stroke, rematik berlebihan, kanker? Menghabiskan banyak uang untuk berobat dan ke dokter? Menghabiskan waktu untuk istirahat di Rumah Sakit atau rawat jalan di rumah? Padahal istirahat paling enak di hotel kan? Banyak makanan pantangan di masa tua?

Wah itu sih bukan masa tua kaya raya dan bahagia, tapi masa tua susah payah.Jika masa tua sakit-sakitan, selain uang, pastinya anak-cucu kita kelak juga ekstra perhatian ke kita. Kalau dipikir lagi, walaupun ada tunjangan kesehatan dari kantor, mengikuti asuransi kesehatan, alangkah lebih menyenangkan jika uangdan waktu untuk bersenang-senang dengan anak-cucu. Bagaimana menjaga kesehatan agar masa tua juga sehat?Sangat mudah dan tidak mahal. Yang penting menjalani pola hidup sehat.

Ya pasti kita sering membaca artikel kesehatan. Jangan dibaca saja, lakukan juga, sama seperti halnya kita melakukan untuk mendapatkan uang dan kesuksesan. Pola hidup sehat itu sangat sederhana. Makan teratur tiga kali sehari dengan menu sehat, pastikan banyak serat dari sayur dan buah. Minum air putih 2 liter setiap hari, yang ini pasti bisa kita lakukan, karena efek air putih sungguh luar biasa untuk kelancaran metabolisme tubuh. Istirahatlah secara cukup. Hindari stess. Selalu positive thingking dan positive feeling. Dan pastinya olah raga teratur, eksekutif muda biasanya memiliki kelompok untuk berolah raga, seperti golf, tenis, futsal, bulu tangkis, basket, aerobik bahkan berjalan kaki setiap hari sangat baik untuk tubuh.

Mulailah buka hati dan pikiran untuk hal kesehatan, pelajari manfaat positif dari apapun yang kita makan, dari nasi, tempe tahu (kedelai-red), buah, sayur, susu, air putih.Pelajari efek negatif dari konsumsi fast food berlebihan, makanan instan, steak setengah matang, sate, gorengan, makanan dengan minyak berlebih, zat pengawet makanan, kopi, alkohol dan masih banyak yang lain.Sangat baik juga mempelajari penyakit-penyakit yang sering menyerang di masa tua, sehingga sejak dari sekarang kita bisa mengantisipasi. Kemudian ajak keluarga, teman, staff kita untuk hidup sehat. Terakhir…Selamat memilih hidup yang bagaimana yang Anda inginkan kelak.

Penulis : Putri Permatasari

Jika Anda tersentuh dengan renungan di atas, tolong “share” renungan ini ke teman-teman yang lain agar mereka juga dapat memetik hikmah yang ada pada cerita di atas. Semoga dapat bermanfaat bagi kehidupan kita, terimakasih.

( Sumber : topmotivasi.com )

author