Jam Terbesar "The Makkah Clock Royal Tower"

Bertepatan dengan bulan suci Ramadhan 1431 H yang dimulai 11 Agustus 2010, Arab Saudi akan segera meresmikan jam terbesar di dunia. Jam tersebut terletak di kawasan hotel Abraj Al Bait, Mekkah, yang letaknya hanya beberapa meter dari Ka’bah.

Mari kita lihat gambar di atas. Jam besar ini berdiri di atas tower (tugu/menara) hotel bernama “The Makkah Clock Royal Tower” yang memiliki ketinggian 577 meter. Dengan ketinggiannya itu, tower yang memiliki 76 lantai ini dapat dilihat dari jarak 17 kilometer dan menjadi bangunan tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab.

Jamnya sendiri berukuran diameter 40 meter. Sebelum ini, jam terbesar di dunia adalah jam di Cevahir Mall, Istanbul, Turki, yang berdiameter 36 meter. Dan sebagai perbandingan, jam legendaris Big Ben yang terletak di London, Inggris, hanya memiliki diameter 7 meter.

Jam ini juga “bermuka empat”, artinya jam besar ini tak hanya yang menghadap Ka’bah tetapi juga ada tiga jam lain di tower itu yang menghadap ke tiga arah lainnya mengikuti bentuk segi empat permukaan dinding tower tersebut. Fungsi jam, antara lain sebagai penanda waktu salat lima waktu.

Jam raksasa ini didesain oleh ahli-ahli dari Jerman dan Swiss, sedangkan kompleksnya sendiri dibangun oleh pengembang Saudi Binladen Group dengan biaya 800 juta dolar AS.

author