Jangan Malas Untuk Menemani Anak Menonton tv

Dunia anak jaman sekarang sepertinya sudah tidak dapat dipisahkan dari televisi. Tak jarang kita jumpai anak menonton televisi sejak ia baru saja bangun tidur hingga sangat lama. Hal ini wajar karena tayangan-tayangan televisi yang ditayangkan semakin hari semakin menarik dan disukai anak. Contohnya saja tayangan film kartun yang kian bervariasi serta film robot dan superhero lainnya.

Berlarut-larut dalam menonton televisi tentu saja akan menimbulkan dampak negatif juga, secara fisik maupun psikologia. Bahaya secara fisik antara lain anak menjadi kurang gerak sehingga mengakibatkan obesitas obesitas. Dampaksecara psikologis anatara lain kurangnya waktu bersosialisasi dengan orang-orang sekitar, malas, meniru hal-hal negatif yang ia tonton, dan sebagainya.

Oleh karena banyaknya dampak negatif yang dari menonton televisi, maka peran orang tua sangat dibutuhkan. Karena jika tidak dalam pengawasan, sangat mungkin anak menonton tayangan-tayangan yang tidak sesuai dengan usianya. Contohnya di malam hari banyak iklan rokok, hal ini bisa membuat anak penasaran untuk mencobanya. Selain itu, banyak juga film-film remaja yang menayangkan pacaran dimana-mana hampir di semua film remaja, sehingga bisa membuat anak dewasa terlalu cepat. Belum lagi adanya tayangan-tayangan porno aksi seperti smack down yang sempat gempar beberapa tahun silam. Banyak anak yang menirukan gaya perkelahian dalam acara tersebut hingga ada yang meninggal dunia.

TV

Oleh karena itu, tidak diragukan lagi. Peran orang tua dalam menemani sarta mengawasi tontonan anak sangatlah penting. Pilihkan aneka tayangan televisi untuk anak yang sesuai dengan tahap perkembanga kognitif mereka. Selain televisi, hal lain yang perlu diawasi adalah internet dan juga game yang sering dimainkan anak.

author