Jangan Pernah Menyerah

No comment 602 views

Selama delapan tahun berturut turut penulis itu dengan tekun dan bersemangat menulis cerita-cerita, novel, dan artikel-artikel untuk dipublikasikan, namun selama delapan tahun itu juga semua tulisannya ditolak. Untungnya penulis muda itu tidak pernah menyerah, dia tetap tekun menulis dan mengirimkan tulisannya kepada penerbit. Dia menghabiskan waktunya di angkatan laut untuk menulis laporan dan surat menyurat, dia belajar bagaimana menulis dengan singkat padat dan jelas. Setelah ia pensiun dari angkatan laut, ia ingin lebih serius untuk menulis, namun selama delapan tahun ia merasakan penolakan yang cukup berat, ia telah menuliskan ratusan cerita dan artikel, namun semuanya ditolak. Tentunya akan ada perasaan-perasaan frustrasi ketika seseorang gagal mengahasilkan suatu tulisan untuk publik selama bertahun-tahun, ia merasa tidak ada yang berhasil. Sampai pada suatu hari ada seorang editor yang memberikan surat yang memberikan kata-kata pemberi semangat dalam surat penolakannya: “Usaha kamu bagus.”

Mungkin bagi kebanyakan orang kata-kata tersebut hanya kata-kata klise semata, namun penulis muda ini sampai mencucurkan air mata ketika membaca kalimat itu. Ia merasa mendapatkan kekuatan baru dan harapan untuk bertahan dan harapan untuk terus menulis. Akhirnya setelah bertahun-tahun berusaha lagi, ia menulis sebuah buku yang memengaruhi seluruh bangsa Amerika dan menjadikannya tekenal sebagai penulis tahun 70-an. Ia adalah Alex Haley dalam Novelnya “The Roots” yang dibuat menjadi salah satu film mini seri yang sangat laris sepanjang masa.

Pesannya jelas: Kalau Anda memiliki mimpi dan Anda merasa memiliki hasrat dan kemampuan, kejarlah dan jangan pernah menyerah. Bertahan dan jangan mundur! Siapa yang tahu bagian mana dan saat mana Anda akan menemukan kesusksesan Anda. Mungkin dalam usaha dan karya berikutnya ada orang yang akan berkata pada Anda “usaha Anda bagus.” Mungkin ada kata-kata lain yang akan memberikan semangat dan harapan bagi Anda, Ingat! Sukses mungkin ada dibalik usaha Anda selama ini, dibalik bukit atau gunung perjuangan Anda mungkin Anda akan menemukan kota impian Anda, kesuksesan Anda. Salam Sukses!

Diadaptasi dari “Something to Smile About,” Zig Ziglar.

Jika Anda tersentuh dengan cerita di atas, tolong “share” cerita ini ke teman-teman yang lain agar mereka juga dapat memetik hikmah yang ada pada cerita di atas. Semoga dapat bermanfaat bagi kehidupan kita, terimakasih.

(Sumber : inspirasijiwa.com)

author