Jenis Makanan Wajib untuk Ibu Menyusui

No comment 536 views

Ibu yang tengah berada pada masa – masa menyusui memiliki fungsi ganda untuk kehidupan, yakni memenuhi dan menghidupi dirinya sendiri serta kehidupan bayinya. Pasalnya bayi yang baru lahir tentulah belum dapat mengkonsumsi jenis makanan apapun selain ASI dari sang ibu. Seluruh kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil dipenuhi melalui ASI ekslusif ibu.

Oleh sebab itu pola makan yang dilakukan oleh ibu menyusui haruslah diatur sebaik mungkin agar ibu tetap sehat dan terus menghasilkan ASI yang berkualitas dengan kuantitas yang banyak. Karena tingkat kualitas ASI akan sangat memepengaruhi kesehatan dan proses pertumbuhan bayi. Nah untuk itu dalam menyusun menu makanan sehari – hari seorang ibu harus benar – benar memperhatikan keseimbangan dan ketercukupan gizinya.

ibu menyusui

Berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya diperhatikan dalam menyusun menu harian guna memenuhi kebutuhan gizi ibu menyusui:

  1. Jenis makanan kaya karbohidrat. Karbohidrat merupakan penghasil utama energy dalam tubuh, sehingga tidak boleh dilewatkan dalam menu sehari – hari. beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi antara lain, nasi, gandum, roti, dan kentang.
  2. Jenis makanan sumber protein. Kebutuhan protein pada ibu menyusui berkisar antara 13 – 16 gram perharinya, sehingga ibu hamil harus banyak mengkonsumsi jenis makanan yang kaya protein seperti kacang – kacangan, daging tanpa lemak, ikan, dan telur.
  3. Buah dan sayur. Kedua jenis makanan ini sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan vitamin, serat, dan mineral tubuh ibu menyusui. Selain dapat menyegarkan dan meyehatkan badan, beberapa jenis buah dan sayur juga mampu meningkatkan produk ASI.
  4. Cairan. Cairan seperi susu tanpa gula berlebih, jus segar, dan air putih sangat dibutuhkan untuk melancarkan berbagai sistem dalam tubuh ibu hamil. Kebutuhan cairan ibu menyusui sekitar 1-2 liter perharinya.

Nah dari beberapa jenis makanan yang penting untuk ibu menyusui di atas, berpandai – pandailah untuk mengkombinasikannya serta membuat variasi yang menarik sehingga Anda tidak mudah bosan dengan menu makanan seperti ini.

author