Jenis Pakan Alternatif untuk Bibit Lele

No comment 1033 views

Pakan merupakan salah satu unsur terpenting yang harus benar – benar diperhatikan dalam merawat dan mengembangkan bibit lele. Pasalnya jenis dan kandungan nutrisi di dalamnya akan sangat berpengaruh terhadap cepat lambatnya bibit berkembang.

Berbicara mengenai pakan bibit lele, umumnya peternak memberikan cacing sutra sebagai makanan utamnya. Cacing sutra dengan bentuknya yang kecil dan halus memang sngat cocok diberikan untuk anak ikan lele yang masih berusia beberapa hari. Kandungan yang terdapat didalamnya pun tak perlu diragukan. Sayangnya harga cacing sutra yang tergolong cukup mahal sering kali menjadi kendala.

Oleh sebab itu pada kesempatakn kali ini akan kami sampaikan jenis pakan alternatif untuk bibit lele yang tentunya lebih murah. Namun meskipun dengan harga lebih murah bukan berarti rendah nutrisi.

lele

Kuning telur bebek sebagai alternatif pakan bibit lele

Kuning telur bebek mengandung berbagai usur penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak ikan lele. Misalnya protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, serta berbagai vitamin. Oleh sebab itu kuning telur bebek sangat baik untuk pakan bibit lele.

Adapun cara pembuatannya cukup sederhana. Pertama rebus 5 butir telur bebek, kemudian ambil bagian kuning telurnya. Tempatkan dalam sebuah wadah dan tambahkan dengan air bersih sekitar 1 liter. Hancurkan kuning telur hingga lembut dan campur ratakan dengan air. Setelah itu masukkan campuran ini kedalam penyemprot. Lakukan pemberian makanan bibit lele dengan menyemprotkannya ke kolam dua kali sehari.

author