Jus Buah dan Sayur Penambah Berat Badan si Mungil

No comment 902 views

Bayi Anda memiliki masalah dengan berat badan? Anda tak perlu kawatir berlebihan, namun Anda juga tak boleh meremehkan masalah ini. Bayi tentu membutuhkan asupan nutrisi yang cukup, lengkap, dan berimbang agar memiliki berat badan yang idel. Namun banyak ibu masih mengeluhkan masalah berat badan si kecil yang masih berada dibawah angka normal, meskipun mengaku telah menerapakan pola makan seperti yang dianjurkan.

Bila Anda mengalami permasalah seperti di atas, ada baiknya Anda melakukan konsultasi ke ahli gizi anak dan melakukan peninjauan kembali terhadap nutrisi harian si kecil. Kebutuhan nutrisi si kecil pada usia bayi dan balita umumnya sebagai berikut : 1000 -1400 kkal (energi), 25 grm (protein), 500 mg (kalsium), dan 8 mg (zat besi). Kebutuhan energy termasuk didalamnya kebutuhan karbihidrat dan lemak sebagai sumber utama energi tubuh.

Nah guna mencukupi kebutuhan nutrisi minimal anak setiap harinya ini ibu dapat memberikan menu makanan lengkap yang bisa terdiri dari nasi, telur, daging, sayur, buah, dan susu. namun yang kerapkali dikeluhkan oleh ibu berkenaan dengan menu makan ini adalah susahnya anak jika harus mengkonsumsi buah dan sayur. Oleh sebab itu tentu ibu harus pandai – pandai menyajikan kedua menu ini dalam bentuk yang lebih disukai anak, salah satunya adalah dengan membuat jus. Dengan demikian bayi tak akan sadar jika yang tengah dikonsumsi sebenarnya adalah buah dan sayur,  hanya saja dalam bentuk yang berbeda.

jus

Resep jus buah dan sayur peningkat berat badan bayi

  • Jus alpukat gula merah

Bahan : 100 grm alpukat matang segar, 250 ml susu segar, 3 buah kurma tanpa biji, 2 sdm gula merah cair.

Cara membuat

  1. Balnder secara bersamaan alpukat, kurma, dan susu hingga halus dan tercampur rata.
  2. Tambahkan gula merah cair kemudian aduk hingga tercampur
  3. Sajikan dalam wadah yang menarik

Keterangan gizi per porsi: 322 Kkal, 3,3 gr protein, 11,2 gr lemak, dan 50 gr karbohidrat. Kandungan lain vitamin A, kalsium, zat besi, dan fosfor.

  • Jus coco wortel

Bahan: 100grm wortel segar, 100 grm daging kelapa muda, 1 sdm larutan gula pasir, air secukupnya.

Cara membuat

  1. Kupas dan bersihkan wortel dan daging kelapa muda
  2. Masukkan kedua bahan tersebut ke dalam juice extractor, lalu proses dan tampung jus dalam wadah yang menarik khusus bayi.
  3. Tambahkan larutan gula pasir untuk menambah cita rasa jus, kemudian aduk hingga rata.

Keterangan gizi perporsi : 258.5 kkal, 15.3 gr lemak, 28.7 gr karbohidrat, dan 5.2 gr protein. Kandungan lain vitamin A, C, fosfor, dan kalsium.

author