Kapal Perang dan Mercusuar

No comment 1032 views

 

Di dalam kegelapan malam yang kelam di sebuah kapal perang, tiba-tiba sang Kapten dikagetkan sebuah sinar terang yang langsung mengarah ke kapalnya, dan ia sadar bahwa kapalnya sedang berada dalam jalur yang akan bertabrakan dengan sumber terang itu. Ia bergegas ke radio dan ingin mengirimkan pesan darurat, untuk meminta kapal di kegelapan kabut itu merubah jalurnya. Beberapa detik kemudian, justru ia menerima sebuah pesan dari seberang kapalnya yang berkata “Disini Kapten Jeremia Smith, saya meminta Anda merbah jalur Anda sepuluh derajat ke Selatan, ganti!.”

Mendengar permintaan itu Kapten kapal itu itu menjadi marah dan mengirimkan pesannya dengan tegas, “Kapten Smith, disini Thomas Johnson, Saya memintamu merubah jalurmu sepuluh derajat ke selatan, ganti!.” Mendengar ketegasan dan teriakan suara dari kapten kapal itu, dari arah sinar di seberang itu membalas pesan dengan lebih tegas lagi “Kapten Thomas Johnson, disini kapten Smith, dan saya perintahkan Anda untuk mengubah arah Anda sepuluh derajat ke utara, ganti! Kapten kapal itu kemudian membalas dengan cukup tegas dan berotoritas: “kapten Smith, dengan segala hormat,  dan dengan otoritas pemerintah Amerika Serikat saya memerintahkan Anda untuk sesegera mungkin mengubah jalurmu sepuluh derajat ke selatan! Ini adalah kapal perang.”

Dari seberang menjawab lagi, “Disini kapten Smith pak! Sekali lagi dengan segala hormat Saya memerintahkan Anda untuk mengubah arah Anda sesegera mungkin sepuluh derjat ke utara! Disini adalah sebuah Mercusuar! [Sumber: Hot Illustrations for Youth Talks].

Refleksi:

Seringkali saat merasa kita memiliki kesempatan untuk melakukan sesuatu dengan segala kelebihan yang mungkin sedang berada di pihak kita, kita ingin memaksakan kehendak kita terlaksana dengan mencoba menggeser norma-norma tertentu untuk menggoalkan yang kita inginkan.

author