Kapan Anak Boleh Diperkenalkan Makanan Selain ASI?

kedelai

ASI merupakan sumber makanan utama bagi bayi. Akan tetapi, tidak akan selamanya manusia mengkonsumsi ASI untuk kelangsungan hidupnya. Lambat laun, dalam masa pertumbuhannya, anak akan membutuhkan zat besi dari sumber lain, dan ASI pun kurang mampu memenuhi kebutuhan kalorinya. Oleh karena itu, pengenalan makanan selain ASI pada anak sangat diperlukan.

Health Canada, Canadian Pediatric Society, American Academy of Pediatrics, IBFAN, UNICEF, WHO Global Strategies on Infant Feeding dan sebagian besar ikatan dokter anak di seluruh dunia merekomendasikan pemberian ASI eksklusif sampai dengan enam bulan. Pada usia ini atau  anak sudah boleh diberi makanan-makanan lunak seperti bubur bayi.

Nah, pada usia 9-12 bulan, anak boleh mulai diperkenalkan dengan makanan-makanan padat. Memang, dalam pengenalan makanan padat ini Anda harus ekstra pelan-pelan. Mulailah dengan biskuit atau makanan lain yang tidak terlalu keras dan aman bagi kesehatan si buah hati. Ketika menginjak 9 bulan, bayi dapat diberi makanan anak sembilan bulan.

Makanan padat ini juga dapat diberikan ketika bayi tertarik dengan makanan orang dewasa, lalu berilah sedikit agar dia memakannya. Selain itu, dalam prosesnya bayi juga sekalian berlatih menggigit. Latihan ini biasa dia lakukan secara alamiah dengan menggigit-gigit dot susu, atau barang-barang lain yang ia temui.

 

author