Kapan Saja Jadwal Imunisasi Bayi?

No comment 875 views
Jadwal Imunisasi Bayi

Ilustrasi : Imunisasi Bayi

Imunisasi merupakan salah satu cara untuk memberikan vaksin untuk anak yang berfungsi untuk menghindari beberapa penyakit berbahaya seperti hepatitis, campak, dan lain sebagainya. Biasanya imunisasi ini merupakan program dari pemerintah untuk anak-anak atau bayi. Nah, peran orang tua sendiri adalah memberikan imunisasi kepada bayi mereka yang dibawa ke puskesmas. Untuk jadwal imunisasi, bisa Anda lihat dibawah ini :

Imunisasi awal, dilakukan biasanya untuk bayi dibawah 1 tahun. Imunisasi awal ini biasanya untuk penyakit Hepatitis, Polio, Pentavalen, campak, dan beberapa lainnya.

– Bayi berusia 0 bulan diberikan imunisasi Hepatitis B 0
– Bayi berusia 1 bulan diberikan imunisasi BCG dan Polio 1
– Bayi berusia 2 bulan diberikan imunisasi DPT-HB-Hib 1 dan Polio 2
– Bayi berusia 3 bulan diberikan imunisasi DPT-HB-Hib 2 dan Polio 3
– Bayi berusia 4 bulan diberikan imunisasi DPT-HB-Hib 3 dan Polio 4
– Bayi berusia 9 bulan diberikan imunisasi campak

Sedangkan untuk imunisasi untuk batita, yaitu imunisasi lanjutan memiliki fungsi yang hampir sama, yaitu pencegahan penyakit. Biasanya merupakan imunisasi pentavalen dan juga campak. Nah, berikut ini jadwal imunisasi bayi yang kedua.

– Batita berusia 18 bulan (1,5 tahun) diberikan imunisasi DPT-HB-Hib (minimum berjarak 12 bulan dari DPT-HB-Hib dosis terakhir)
– Batita berusia 24 bulan (2 tahun) diberikan imunisasi campak (minimum berjarak 6 bulan dari campak dosis pertama)

Dengan pemberian imunisasi atau vaksin ini, resiko terkena penyakit seperti yang diatas dapat dihindari terjangkit pada anak. Namun perlu diketahui juga, jika anak Anda memiliki riwayat penyakit, alergi terhadap kandungan vaksin, atau terapi yang sedang dilakukan, Anda perlu memberitahukan kepada dokter. Karena biasanya akan memiliki penanganan yang berbeda atau bahkan tidak diperbolehkan untuk mengikuti imunisasi.

author