Kasiat Wedang Jahe untuk Kesehatan

No comment 524 views

Wedang jahe mungkin menjadi salah satu favorit Anda dan keluarga ketika udara dingin di malam hari. Yap pasalnya minuman tradisional khas Indonesia ini memang memiliki efek yang menghangatkan badan secara seketika. Namun tahukah Anda dibalik hangatnya wedang jahe tersimpan berbagai manfaat untuk kesehatan?

Sejak dulu jahe memang digunakan sebagai bahan alami untuk ramuan obat – obatan tradisional. Hal ini disebabkan karena jahe kaya akan kandungan yang berkasiat seperti bisabolena, filandrena, kurkumen, gingerol, minyak atsiri zingiberena (zingirona), zingiberol, dan resin pahit. Berikut beberapa manfaat wedang jahe untuk kesehatan:

wedang jahe

  1. Mengusir stress

Rasa dan aroma khas yang dikeluarkan oleh wedang jahe ternyata mampu merilekskan atau menenangkan safaf dan otot yang kaku. Sehinggasecanggir wedang jahe hangat memiliki kasiat untuk mengurangi tingkat stressdalam tubuh penikmatnya.

  1. Mengatasi gangguan kesehatan pernafasan

Kandungan minyak astiri yang terdapat dalam jahe, mampu membantu meredakan masalah pernafasan seperti batuk. Selain itu rasa hangat yang ditimbulkan oleh wedang jahe dapat membantu melegakan pernafasan dan meredakan pilek.

  1. Mengatasi masuk angin

Untuk kasiat yang ketiga ini tentu tidak perlu diragukan lagi. Wedang jahe memang efektif untuk mengusir rasa dingin,badan menggigil, perut kembung serta demam, yang umumnya merupakan gejala – gejala masuk angin.

Nah hebat sekali bukan manfaat yang terkandung dalam wedang jahe. Tidak hanya nikmat, secangkir wedang jahe ternyata juga menyehatkan.

author