Kebersamaan Keluarga

No comment 1179 views

Pentingnya kebersamaan adalah kehadiran seseorang di tengah-tengah keluarga. Satu jam saja waktu yang disediakan akan sangat berarti dibanding waktu-waktu anda dan keluarga yang banyak tersita untuk hal-hal yang lain. Jadi manfaatkan benar-benar waktu kebersamaan bareng keluarga sebagai refreshing batin. Suasana tenang dan rileks saat kumpul bersama keluarga akan memberikan efek positif pada pikiran anda, sekaligus dapat meningkatkan kinerja anda dalam beraktifitas atau bekerja. Satu hal lagi, kebersamaan yang berkualitas akan memotivasi untuk lebih saling percaya, saling menghargai, dan saling terbuka dalam berkomunikasi.

1. Sediakan waktu bermain dan bercanda bersama
Kuncinya bukan luangkan waktu, kalau meluangkan waktu disaat ada urusan lain maka akan gampang tergoyahkan. Tetapi kalau menyediakan waktu, berarti berkomitmen untuk menyediakan waktu bersama-sama bareng keluarga. Nah, disaat seperti ini sebisa mungkin hindari gangguan dari pekerjaan atau gangguan lainnya. Telepon dan internet yang gak terlalu penting ditinggalin dulu, pergi bareng teman-teman ditunda dulu, pokoknya khusus deh berikan waktu untuk menciptakan kebersamaan di keluarga.

2. Nonton bareng
Kalau anda masih belum punya si kecil atau memang sedang kembali berkencan berdua seru-seru saja untuk nonton bareng keluar. Pilih film yang disukai oleh Mommy dan suami sehingga kedua-duanya bisa menikmati. Jadwalin juga nonton bareng si kecil. Tentunya film yang sesuatu dengan umur si kecil. Tergantung usia si kecil, kalau memang si kecil belum bisa untuk berkonsentrasi panjang sampai film selesai tidak perlu dipaksakan. Selingi dengan canda, cemilan ringan bersama si kecil. Nikmati waktu bersama-sama.

3. Rekreasi bareng
Rencanakan liburan seru dan asyik bareng keluarga. Kalau ada waktu untuk liburan panjang ada baiknya pergi ke tempat rekreasi yang jauh tapi menenangkan. Tentunya dilengkapi dengan sarana untuk si kecil bermain. Diskusikan bareng-bareng supaya semua tahu kemana akan pergi dan semua setuju. Liburan singkat seperti weekend juga bisa dimanfaatkan untuk rekreasi bareng. Ke tempat-tempat yang mudah dijangkau dan jangan lupa cenderungkan rekreasi alam untuk mengenalkan si kecil pada alam dan dunia binatang atau tumbuhan sejak kecil.
Satu hal yang perlu dicermati, terkadang memang terjadi hal-hal kecil yang membuat anda atau suami tidak sabaran dengan si kecil saat liburan. Lebih baik berusaha mengendalikan emosi, alihkan ke hal-hal yang lebih menarik namun tetap menunjukkan disiplin pada si kecil. Tapi jangan sampai emosi berlebihan akhirnya menggagalkan rencana untuk bersenang-senang bareng keluarga.

4. Menciptakan moment istimewa di hari-hari istimewa
Hari ulang tahun anggota keluarga, hari anniversay, hari ibu, atau hari-hari yang lain. Kebersamaan yang istimewa tidak melulu berbicara tentang hadiah-hadiah yang istimewa. Cari tahu kesukaan si kecil atau suami, berikan kejutan dan tunjukkan kasih sayang yang tulus. Bukan hanya karena sebuah kebiasaan untuk merayakan hari-hari istimewa tetapi suatu ungkapan kasih yang tulus untuk menunjukkan kasih sayang kepada seluruh anggota keluarga.

5. Beribadah bersama
Ini hal yang terpenting.Beribadah bersama bareng-bareng sekeluarga akan menciptakan hubungan batin yang baik. Menciptakan ketenangan dan kedamaian, sekaligus melatih dan mengenalkan si kecil tentang pendidikan agama sejak kecil. Sholat bersama-sama di rumah, berdoa atau bergereja sekeluarga, pergi ke pure berbarengan, atau ke acara-acara keagamaan yang lain bersama-sama sekeluarga akan menjadi moment kebersamaan yang indah dan tak tergantikan.

author