Kebutuhan Gizi Ibu Hamil Yang Harus Dipenuhi

Setiap ibu hamil pastinya memerlukan gizi yang cukup untuk membantu tumbuh kembang anaknya, oleh karena itu banyak sekali ibu hamil yang rajin mengkonsumsi buah – buahan dan sayuran hijau sebagi lauk saat makan. Namun sayangnya meski sudah mengkonsumsi makanan sehat, tidak sedikit ibu hamil yang bingung dan belum mengetahui gizi yang dibutuhkan oleh tubuhnya ketika sedang mengandung.

kebutuhan-gizi-ibu-hamil
Mengetahui kebutuhan gizi untuk ibu hamil sangatlah diperlukan, sehingga sang ibu tidak monoton mengkonsumsi makanan – makan tertentu saja. Pasalnya setiap gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil terdapat pada jenis makanan yang berbeda, sebagai contoh adalah kalsium yang bisa didapatkan melalui susu. Agar anda tidak salah kaprah, berikut ini telah kami rangkumkan informasi terkait kebutuhan gizi ibu hamil yang harus dipenuhi.

Zat Besi
Berguna untuk membentuk hemoblogin yang merupakan protein sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Kalsium
Berguna untuk membentuk tulang dan gigi bayi, setiap harinya ibu hamil membutuhkan sampai 1000gr kalsium/hari, dan biasanya si cabang bayi akan mengambil kalsium tersebut sekitar 20-30gr/hari.

Karbohidrat
Untuk tetap dapat melakukan semua aktifitasnya, ibu hamil memerlukan karbohidrat yang cukup untuk dijadikan energi oleh tubuhnya.

Vitamin
Hampir semua ibu hamil akan memerlukan yang namanya vitamin, sebagi contoh adalah vitamin A yang berfungsi untuk membentuk jaringan mata pada si cabang bayi.

Protein
Untuk dapat tumbuh dan berkembangan dengan baik, janin yang sedang dikandung juga sangat membutuhkan protein.

Nah itulah beberapa gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil yang memang harus dipenuhi, bila todak terpenuhi kemungkinan besar akan menghambat poertumbuhan bayi yang sedang dikandungnya. Dan bukan tidak mungkin bila nantinya akan membuat bayi terlahir prematur, maka dari itu sebaiknya segera penuhi kebutuhan gizi anda selama hamil.

author