Keluarga Mawadah

567 views

Mawaddah dalam rumah tangga diartikan dengan cinta. Setiap insan pasti mendambakan keluarga bisa hidup bahagia dan terhindar dari masalah masalah.

Mawaddah ini muncul karena di dalam pernikahan ada faktor-faktor yang bisa menumbuhkan dua perasaan tersebut. Dengan adanya seorang istri, suami dapat merasakan kesenangan dan kenikmatan, serta mendapatkan manfaat dengan adanya anak dan mendidik dan membesarkan mereka. Disamping itu dia merasakan adanya ketenangan, kedekatan dan kecenderungan kepada istrinya. Sehingga secara umum tidak akan didapatkan mawaddah diantara manusia yang satu dengan manusia yang lain sebagaimana mawaddah (rasa cinta) yang ada di antara suami istri.

1. Aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial di lingkungan Anda

Bagaimana Anda ingin menjadi sumber cerita inspirasi bagi keluarga lain apabila Anda tidak pernah melibatkan diri dalam kegiatan yang diadakan perangkat RT di lingkungan Anda. Ambil bagianlah dalam setiap kepanitiaan dan libatkan anggota keluarga yang lain terutama anak-anak agar bisa belajar bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

2. Bangun komunikasi yang hangat dengan anggota keluarga

Ajarkan keterbukaan dengan sesama anggota keluarga. Bersikaplah peka sebagai orang tua. Jadilah teman curhat yang nyaman dan menyenangkan bagi anak-anak dan pasangan. Berikan dukungan, masukan, nasehat, atau saran sesuai permintaan, jangan terlalu menggurui. Keluarga idaman selalu memiliki trik-trik komunikasi untuk memahami anggota keluarganya sehingga terciptalah keluarga bahagia, nyaman, dan komunikatif.

3. Musyawarah untuk mufakat

Biasakan untuk melibatkan seluruh anggota keluarga untuk membahas sesuatu di dalam keluarga. Pasangan akan merasa dihargai dan anak-anak akan merasa dibutuhkan serta bakal menjadi percaya diri di masyarakat.

4. Muliakan tamu dan tetangga Anda

Keluarga yang baik adalah keluarga yang selalu menerima tamu dengan jamuan yang baik serta memperlakukan tetangga selayaknya saudara. Bagaimana dapat menjadi sumber cerita inspirasi apabila Anda sekeluarga bersikap apatis dengan tetangga maupun tamu yang berkunjung?

5. Cintai tugas Anda dalam keluarga dan tularkan pada anak-anak

Nikmati setiap pekerjaan rumah tangga yang harus dijalankan, libatkan pula pasangan maupun anak-anak untuk membantu menyelesaikannya. Sikap ikhlas dan selalu bersyukur merupakan awal terciptanya keluarga bahagia.

6. Ciptakan “kebahagiaan” Anda bersama keluarga.

Keluarga sakinah, mawaddah, dan warrohmah adalah tujuan dari rata-rata keluarga. Tetapi seperti “kebahagiaan”, keluarga bahagia tidak dapat dicari, tetapi harus diciptakan.

author