Keluarga Sehat, Pintar Pilih Bahan Makanan

Tidak dapat dipungkiri faktor makanan menjadi salah satu hal sangat berpengaruh bagi kesehatan sebuah keluarga. Apa dan bagaimana pola makan yang diterapkan dalam keluarga tersebut merupakan kunci besar yang akan turut menentukan tingkat kesehatan keluarga. Termasuk di dalamnya adalah bahan makanan seperti apa yang dijadikan konsumsi sehari – hari.

Nah berbicara mengenai hal tersebut, tentulah tidak semua bahan makanan itu dapat menunjang kesehatan keluarga. Hanya bahan makanan yang sehat, berkualitas, higenis, dan bernilai gizi tinggilah yang mampu membuat keluarga selalu sehat wal afiat. Untuk itu yuk cerdas dalam memilih bahan makanan untuk keluarga.

memilih makanan

Tips Memilih Bahan Makanan Sehat untuk Keluarga

  • Cerdas memilh beras. Yap beras adalah salah satu bahan makanan pokok bagi mayoritas penduduk Indonesia, untuk itu selektif dalam memilih beras merupakan sebuah keharusan. Pilihlah beras organik yang masih memiliki seikit kulit ari, karena beras yang seperti ini lebih banyak mengandung serat dan vitamni B sehingga baik untuk kesehatan. Selain itu, tentu pilihlah beras yang bersih, tidak apek, dan tidak berkutu.
  • Cerdas memilih sayur dan buah. Sebagai sumber serat, vitamin, dan mineral keberadaan sayur dan buah dalam menu makanan tentu sangat penting. Nah dalam memilih sayur dan buah ini ada beberapa hal yang hendaknya Anda perhatikan, diantaranya warna buah yang cerah segar dengan kondisi utuh dan fresh. Pasalnya buah dan sayur yang masih dalam kondisi segar kandungannya akan jauh lebih baik.
  • Cerdas memilih lauk. Tidak lengkap rasanya jika berbicara makanan tetapi tidak membicarakan lauknya. Khusus untuk kiat memilih lauk terutama yang berasal dari daging dan ikan pilihlah daging atau ikan yang masih segar. Untuk ikan pilih yang insangnya berwarna merah serta tidak meninggalkan bekas ketika Anda pegang. Sementara untuk daging pilihlah yang tidak terlalu banyak mengandung air, plih yang berwarna cerah (tidak pucat), serta ketika dipegang terasa kenyal, tidak lengket, dan tidak lembek.
author