Kenali 3 Jenis Sinusitis dan Berbagai Gejalanya pada Anak

Tahukah Anda apa itu sinusitis? Yup sinusitis adalah suatu ketidaknormalan berupa peradangan yang terjadi pada rongga udara di area wajah yang berhubungan langsung dengan rongga hidung atau yang disebut dengan organ sinus. Peradangan yang terjadi ini biasanya menyebabkan peningkatan produksi lendir pada ronggga tersebut yang kemudian mengalami penumpukan sehingga memicu pertumbuhan bakteri. Nah pertumbuhan bakteri inilah yang menyebabkan masalah sinusitis semakin berbahaya.

sinusitis

Adapun untuk gejala awalnya biasanya penderita akan mengalami pilek yang diikuti dengan rasa nyeri pada bagian wajah seperti sekitar pipi, mata, dahi, dan hidung. Sementara itu, sinusitis sendiri dapat dibedakan menjadi 3 kelompok berdasarkan peradangannya, yakni:

  1. Sinusitis akut

Sinusitis jenis ini merupakan yang paling umum di temui pada anak – anak. Sinusitis akut ditandai dengan gejala yang sekilas mirip dengan gejala flu biasa, seperti produksi mokus berlebih, hidung tersumbat, dan batuk. Bedanya sinusitis akut tidak disertai dengan adanya demam seperti yang biasa terjadi pada flu. Pada anak – anak gejala sinusitis ini umumnya akan dirasakan sekitar 10 hari dengan kondisi yang semakin memburuk setelah memasuki hari ke tujuh.

  1. Sinusitis kronis

Jenis sinusitis yang kedua ini bisa menyerang lebih lama dibanding dengan sinusitis akut, yakni bisa sampai 3 bulanan. Untuk gejalanya pun sebenarnya hampir sama dengan sinusitis akut, namun pada sinusitis kronis ini penderita akan diperparah dengan rasa nyeri pada bagian wajah dan kepala, dimana hal ini tidak terjadi pada sinusitis akut. Selain itu penderita umumnya juga akan mengalami penebalan lapisan sinus yang dapat menghambat aliran lendir yang disebut polip.

  1. Sinusitis akut kambuhan

Sinusitis jenis terakir ini memiliki gejala yang sama persis dengan sinusitis akut, namun sering kambuh dan dapat terjadi beberapa kali dalam satu tahun. Sama halnya dengan sinusitis akut biasa, sinusitis ini dapat berlansung sekitar 10 hari.

author