Kenali Berbagai Jenis Penyakit Kulit yang Kerap Menyerang Bayi

Penyakit kulit merupakan salah satu jenis masalah kesehatan yang sudah sangat akrab dengan anak – anak, terutama pada usia bayi. Kelompok anak usia di bawah usia 2 tahun ini memang sangat rentan mengalami berbagai problem kesehatan terkait kulit. Pasalnya kondisi anatominya yang masih sangat tipis dan belum sempurna, menyebabkan kulit bayi sangat sensitif terhadap berbagai rangsangan, termasuk rangsangan negatif. Terlebih kondisi sistem kekebalan tubuhnya yang masih sangat lembah semakin meningkatkan potensi bayi terserang penyakit kulit.

Berbicara mengenai masalah kesehatan kulit pada bayi, mungkin bisa dikatakan hampir semua jenis penyakit kulit dapat menyerangnya. Namun jika diamati dari berbagai kasus disekitar, ada beberapa jenis penyakit kulit bayi yang paling sering ditemukan. Apa saja? Berikut kami merangkumnya untuk anda.

anak kulit

Penyakit kulit yang kerap serang bayi

  1. Intertrigo

Penyakit ini merupakan sebuah peradangan yang terjadi lipatan – lipatan tubuh, seperti pangkal paha bagian dalam, ketiak, dan juga leher. Penyebabnya adalah kondisi embab berlebihan yang disebabkan oleh kringat serta bagian lipatan tersebut yang jarang mendapatkan udara bebas. Adapun gejalanya yang ditimbulkan berupa ruam merah yang disertai dengan rasa gatal dan terkadang sakit jika terkena gesekan.

  1. Biang kerinagat

Biang keringat merupakan sebuah masalah kesehatan kulit yang ditandai dengan adanya ruam merah pada bagian ubuh bayi, seperti muka, leher, punggung, tangan, ataupun bokokong. Ruam merah ini disertai dengan adanya gelembung – gelembung kecil berisi air yang menyebabkan efek rasa gatal. Penyebabnya adalah cuaca panas ekstreem, udara lembab, serta dapat juga disebabkan oleh pakaian payi yang terlalu ketat.

  1. Eksim

Eksim atau dermatis merupakan peradangan kulit yang menyebabkan gelembung kecil berair yang kemudian pecah dan meninggalkan bekas merah. Pada kondisi yang parah penyakit ini dapat menyebabkan munculnya nanah dan kerak pada bekas gelembung.

author