Kenali Efek Jangka Panjang Antibiotik bagi Anak

Mendengar kata antibiotik, tentu Anda sudah tidak akan asing lagi bukan? Yap antibiotik merupakan salah satu jenis obat yang berfungsi untuk membunuh mikroorganisme semacam bakteri, jamur, virus, dan parasit penyebab penyakit. Antibiotik ini seringkali diberikan kepada anak – anak yang terserang atau terinfeksi beragam microorganisme tersebut.

Pemberian antibiotik ketika anak terserang sakit merupakan salah satu cara yang memang cukup ampuh. Ketika Anda membawa si kecil ke dokter pun, antibiotik sering kali masuk sebagai salah satu jenis obat yang diberikan untuk buah hati Anda.

Namun dibalik kasiatnya yang efektif melawan penyakit, tahukah Anda ada efek samping yang cukup berbahaya dari antibiotik jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama? Apa saja efek samping yang bisa terjadi?

antibiotik

Efek samping antibiotik bagi anak

Beragam efek samping anti biotik bagi anak antara lain dapat berupa terjadinya gangguan sistem pencernaan seperti mual, muntah, kolik, dan diare. Selain gangguan pencernaan dampak buruk lain yang bisa saja terjadi adalah ruam – ruam pada kulit, pembengkakan kelopak mata, pembengkakan bibir, pusing kepala, hingga gangguan saluran pernafasan.

Selain masalah yang disebutkan diatas, problem lain yang bisa jadi muncul akibat pengkonsumsian antibiotik dalam waktu lama adalah gangguan darah, kelainan hati, hingga gangguan jantung dan ginjal.mengerikan bukan?

Nah oleh karena itu, penggunaan antibiotik kepda anak haruslah sebisa mungkin dikendalikan. Selain itu usahakan untuk tidak memberikan antibiotik kepada anak tanpa anjuran dokter. Dengan demikian si kecil diharapkan akan terhindar dari berbagai efek samping antibiotik yang cukup mengerikan.

author