Kenali Faktor Penyebab Leukimia pada Anak

No comment 568 views

Leukimia atau yang juga sering disebut kanker darah merupakan salah satu jenis penyakit yang mengerikan dan termasuk dalam salah satu jenis penyakit yang mematikan, layaknya penyakit jantung dan diabetes. Penyakit ini disebabkan karena adanya pertumbuhan atau trannsformasi yang terjadi secara tidak wajar pada sel darah putih ( leukosit ) dan menyebabkan pertumbuhan sel darah putih yang tak terkendali. Produksi sel darah putih yang berlebih ini tentunya menyababkan ketidak normalan dalam tubuh, seperti menakan sel darah merah.

Leukimia dapat menyerang siapa saja, tak terkecuali anak – anak. Bahkan di Indonesia sendiri tingkat leukimia pada anak tergolong tinggi, dengan 60 % diantaranya telah memasuki stadium lanjut. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan orang tua sehingga menyebabkan kelambanan penanganan pada anak tersebut.

leukimia

Oleh sebab itu penting bagi setiap keluarga, khususnya ibu untuk mencegah penyakit mengerikan ini menyerang si buah hati Anda.  Bagaimana caranya? Untuk mencegahnya hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengetahui apa sebenarnya penyebab leukimia.

Penyebab leukimia pada anak

Sebenarnya penyebab pasti dari leukimia sampai saat ini belum juga ditemukan dan diketahui. Namun menurut para pakar kesehatan mereka setuju bahwa beberapa faktor berikut dapat memicu terjadinya leukimia:

  • Radiasi nuklir. Radiasi nuklir dapat menyebabkan frekuensi LMA dalam tubuh yang menyebabkan produksi sel darah putih meningkat.
  • Leukemogenik. Faktor ini sering terdapat pada zat kimia yang mengandung benzena, bahan kimia industri, dan insektisida, dimana bahan – bahan ini dapat memicu terjadinya peningkatan jumlah leukiosit dalam tubuh.
  • Virus. Leukimia juga dapat disebabkan oleh virus seperti retrovirus, virus leukemia feline, danhtlv-1.

Nah setelah mengetahui beberapa penyebab leukimia tersebut, maka salah satu upaya terbaik untuk mencegah leukimia pada anak Anda adalah dengan menjauhkan si kecil dari berbagai faktor penyebab diatas.

author