Kenali Gejala Demam yang Wajib Mendapat Penanganan Dokter

Balita memang sangat rentan terserang demam, terlebih ketika cuaca sedang tidak bersahabat. Namun yang perlu Anda ketahui dan pahami adalah demam tidak selalu menjadi tAnda adanya suatu penyakit. Secara ilmu kesehatan demam pada anak merupakan tAnda bahwa sistem imun dalam tubuhnya tengah bekerja melawan benda asing yang masuk dalam tubuh.

Nah oleh sebab itu, tentu Anda harus bisa bersikap cerdas dan bijaksana dalam menangani demam pada anak. Ada kalanya demam anak cukup dengan perlakuan tradisional dirumah dan sembuh, namun ada kalanya anak harus dibawa kerumah sakit untuk mengatasi demam yang dialaminya.

demam

Untuk itu mengenali gejala dan jenis demam adalah langkah terbaik agar Anda bisa melakukan langkah penanganan yang tepat. Nah berikut ini beberapa kondisi atau gejala demam yang mengharuskan anak Anda mendapat perawatan dokter.

Gejala demam yang perlu penanganan dokter

  • Demam tinggi yang mencapai suhu 37.50 C pada bayi Anda yang berusia dibawah 6 bulan. Terlebih jika si kecil sudah mulai nampak lemas dan lesu.
  • Demam tinggi pada anak usia 2 tahun yang dibarengi dengan keluhan anak berupa rasa pusing dan ia tidak mampu menundukkan kepalanya ke arah perut dan dada. Hal ini bisa jadi menjadi indikasi terjadinya peradangan selaput otak.
  • Demam tinggi yang menyebabkan anak terus rewel dan mengalami pengentalan dan pemekatan urin. Anda perlu mewaspadai terjadinya gejala infeksi saluran kemih.
  • Demam yang tak kunjung mereda setelah lebih dari 3 hari, terlebih jika penyebab demam tidak diketahui secara pasti.
  • Demam menggigil yang disertai dengan kejang – kejang dan umumnya terjadi setiap sore hari, meski pada siangnya anak dalam keadaan membaik. Demam ini bisa mengindikasikan masalah yang cukup serius.
author