Kenali Penyakit-Penyakit yang Mengancam Janin

Hamil dan memiliki calon anak merupakan hal yang sangat membahagiakan. Kebahagiaan ini tentu disertai dengan harapan anak lahir dengan normal dan sehat. Kesehatan anak ini ternyata juga dipengaruhi oleh kesahatan ibu semasa kehamilan. Oleh karena itu, ibu harus menjaga pola makan, menjaga kesehatan, serta menghindar dari ancaman virus dan penykit berbahaya.

Ibu hamil yang tidak sehat dapat berakibat pada timbulnya penyakit-penyakit yang mengancam janin. Beriikut adalah jenis-jenis penyakit yang membahayakan bagi janin:

janin sehat

  1. TORCH (Toxoplasma, Rubella, CMV, Herpes) dan sifilis

Penyakit ini disebabkan oleh Virus yang dapat masuk ke tubuh ibu melalui interaksi dengan hewan peliharaan, makanan, bahkan dari berhubungan seks. Untuk mencegah penyakit ini adalah denga tidak berinteraksi langsung dengan hewan-hewan yang membawa virus-virus tersebut, seperti kucing. Selain itu, Ibu juga harus rajin emncuci tangan dan menjaga kebersihan badan. Hindari juga berhubungan seks dengan penderita penyakit ini. Pencegahan juga dapat dilakukan dengan skrining untuk mengetahui adanya virus di dalam tubuh ibu maupun suami sebelum hamil agar dapat merencanakan kehamilan setelah pengobatan.

  1. Diabetes mellitus gestasional (DMG)

DMG merupakan penyakit intolerensi glukosa yaitu gangguan metabolisme glukosa, insulin tidak terbentuk selama hamil. DMG menyebabkan gula darah ibu sangat tinggi dan mengakibatkan asupan gula untuk anak sangat rendah sehingga gula darah anak terlalu rendah. Ini menyebabkan kecerdasan anak berkurang.

  1. Anemia,

Anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah merah. Hal ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan untuk penderita anemia yang banyak mengandung zat besi dan asam float

 

author