Kenali Penyebab Anak Kesulitan Makan

No comment 806 views

Pada saat tertentu, Bunda pasti akan menemui Si Kecil kesulitan atau susah kaman. Susah makan ini biasanya disertai dengan gejala-gejala seperti tidak mau makan, makannya sedikit, Kelambatan tingkat keterampilan makan, makanan lama di telan, cepat bosan dengan makanan jenis tertentu, dan sebagainya.

Jika Bunda sedang menemui Si Buah Hati menunjukkan perilaku tersebut, maka harus segera dicarikan solusi untuk mengatasi kesulitan atau susah makan. Sebelum menentukan solusi untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya jika Bunda mencari tahu terlebih dahulu penyebab anak susah makan. Dr. H. Djoko Sunarjo, Sp.A menggolongkan penyebab kesulitan makan dalam 3 kelompok, yaitu:

1. Faktor nutrisi

Hal ini dadasarkan pada jumlah makanan, jenis makanan, dan kecepatan dalam memproses makanan. Pada bayi (0-1 tahun) penyebab sulit makan adalah faktor mekanis yang disebabkan oleh cacat bawaan atau kelainan neuro motorik. Pada anak balit (1-5 tahun) kesulitan makan lebih diakibatkan oleh nafsu makan yang mungkin akan menurun karena keintensifannya berinteraksi dengan lingkungan yang menyebabkan infeksi, seperti cacingan.Pada anak usia 6-12 tahun hilangnya nafsu makan lebih disebabkan karena aktivitasnya yang mulai padat sehingga sering mengabaikan waktu makan.

2. Faktor penyakit atau kelainan organik

Ksulitan dan menurunnya nafsu makan ini diakibatkan oleh tergangguanya alat pencernaan makanan dari rongga mulut, bibir, gigi geligi, langit-langit, lidah, tenggorokan, sistem syaraf, sistem hormonal, dan enzim-enzim.

3. Faktor gangguan atau kelainan psikologis

Contohnya ketika anak tidak sedang lapar lalu dipaksa memaksn jenis makanan tertentu lalu menanggap makanan tersebut tidak enak. Bisa juga susah makan merupakan wujud protes anak karena adanya sesuatu yang tidak ia sukai, seperti pemaksaan belajar, dan sebagainya.

susah makan

Dengan terlebih dahulu mengenali tanda-tanda serta penyebab anak susah makan, Bunda tentu lebih mudah mencarikan solusinya. Selain itu, usahakan Bunda kreatif untuk membuatkan makanan-makanan yang variatif agar Si Buah Hati selalu tertarik untuk makan teratur.

author