Kenali penyebab anak susah belajar

No comment 376 views

Menghadapi nilai anak yang selalau buruk atau prestasi yang menurun mungkin membuat Bunda stress. Ketika nilai anak buruk, ternyata bukan semata-mata kesalahan anak. Pasti ada sesuatu yang salah sedang terjadi. Oleh karena itu, peran Bunda untuk mengontrol dan memperbaiki belajar anak menjadi sangat perlu agar mereka tidak kehilangan motivasi.

Ada sebagian anak yang nilai-nilainya disekolah selalu baik dan memiliki kesadaran untuk belajar mandiri. Akan tetapi, banyak juga yang sebaliknya, nilai-nilainya rendah dan mengalami kesulitan belajar. Tentu Bunda sedih bukan jika anak mengalami kesulitan belajar?

Banyak upaya yang dapat dilakukan orang tua agar anaknya dapat keluar dari masalah kesulitan belajar. Namun yang pasti kuncinya untuk mencari solusi adalah dengan mengetahui penyebabnya. Berikut adalah penyebab anak mengalami kesulitan belajar:

1. Sulit berkonsentrasi

Banyak hal yang membuat anak sulit berkonsentrasi, salah satunya adalah gangguan psikologis, oleh karena itu, perlu membawa anak ke pesikolog sesekali.

2. Kemampuan kognitif yang rendah

Tidak ada cara lain untuk menangani masalah ini kecuali dengan menuntunya untuk selalu rajin belajar.

3. Masalah keluarga

Bisa jadi anak malas belajar karen akurangnya dukungan keluarga serta banyaknya masalah yang dihadapi dalam keluarga. Oleh karena itu, suasana kondusif dan dorongan belajar perlu diberikan terus menerus.

anak membaca

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan anak belajar. Namun yang perlu silakukan sejak dini adalah selalu memupuk rasa ingin tahu anak, serta memberikannya cara-cara belajar seru. 

author