Kenali Penyebab Bayi Mengidap Sakit Kuning Ketika Baru Lahir

Kuning/ jundice pada bayi lahir merupakan warna kuning pada kulit pada dan bagian putih dari mata (sklera) karena adanya enumpukan bilirubin. Bilirubin adalah zat kuning yang diperoleh dari penguraian sel-sel darah merah. Prof. Dr. H. Guslihan Dasa Tjipta, SpA(K) menegaskan bahwa penyakit yang juga disebut ikterus neonatorum ini dapat terjadi pada 20%-25% pada bayi cukup bulan dan lebih tinggi lagi pada bayi prematur. Ada banyak penyebab bayi mengalami sakit kuning secara medis. Pada saat baru lahir, penyakit kuning relatif tidak berbahaya, namun penumpukan bilirubin ini akan menyadi toksik (neracun) terhadap sistim syaraf anak.

metode menidurkan bayi

            Bunda harus aware dan berusaha untuk menemukan cara mencegah penyakit kuning agar tidak menjangkit si buah hati. Untuk dapat mencegahnya, bunda harus mengenali 6 penyebab bayi baru lahir mengidap sakit kuning, sebagai berikut:

  • Ikterus fisiologis

Merupakan keadaan dimana hati bayi belum mampu merubah bilirubin tidak terkonjugasi (penyebab pewarnaan kuning) menjadi bilirubin terkonjugasi (bilirubiin yang mudah dibuang tubuh).

  • Breastfeeding jaundice

Bayi kekurangan ASI eksklusif saat dua atau tiga hari setelah ibu melahirkan. Hal ini biasa, dan tidak perlu dibawa ke dokter.

  • Ikterus ASI (breastmilk jaundice)

Biasanya terjadi pada bayi yang disusui oleh ibu tertentu dan bayi tidak mampu merubah Bilirubin indirek.

  • Ketidakcocokan darah

Ikterus pada bayi dapat terjadi karena ketidakcocokan golongan darah (inkompatibilitas ABO) dan rhesus (inkompatibilitas rhesus) ibu dan janin. Pada keadaan ini, sel darah ibu akan membentuk antibodi yang mampu merusak sel-sel darah merah janin, sehingga pelepasan bilirubin meningkat.

  • Lebam pada kulit kepala bayi

Penyebabnya adalah penumpukan darah beku di bawah kulit kepala. Secara alamiah tubuh akan menghancurkan bekuan darah ini dan menyebabkan peningkatan produksi bilirubin.

  • Diabetes

Ibu yang mengidap penyakit diabetes dapat menyebabkan bayi sakit kuning.

author