Kenali Penyebab Diare Bayi

No comment 608 views

Diare merupakan salah satu jenis penyakit yang sering kali menyerang  bayi usia 12 – 24 bulan, meskipun tak menutup kemungkinan pada usia sebelum itu. Masalah diare pada bayi ini umumnya diakibatkan oleh sedang beradaptasinya sisitem pencernaaan bayi terhadap berbagai makanan dan minuman yang masuk. Oleh sebab itu, makanan dapat dikatakan sebagai faktor utama penyebab diare bayi, sehingga sangat penting bagi ibu untuk memperhatikan jenis dan kualitas makanan yang diberikan kepada si kecil.

Selain karena sedang beradaptasinya sistem pencernaan bayi terhadap makanan yang masuk, terdapat beberapa hal lain yang juga dapat menyebabkan diare bayi.

bayi

Penyebab diare pada bayi

  • Inveksi bakteri atau virus

Kebersihan makanan dan alat makan pada bayi memegang peranan penting dalam masalah diare bayi. Kondisi makanan yang tidak sehat dapat menyebabkan bakteri jahat dan virus masuk ke dalam sistem pencernaan bayi sehingga menyebabkan diare. Virus yang biasanya menyebabkan diare bayi ini adalah Rotavirus, sedangkan bakteri penyebab diare bayi antara lain salmonella dan vibrio cholera.

  • Alergi terhadap susu formula

Susu formula mengandung laktosa yang cukup tinggi yang dalam kedaan normal sebenarnya baik untuk pertumbuhan. Namun pada beberapa bayi justru mengalami alergi pada zat nutrisi ini. Laktosa membutuhkan sebuah enzim pencernaan bernama lactose untuk memecah laktosa agar dapat dicerna.  Pada beberapa bayi produksi enzim ini tak mencukupi sehingga laktosa yang masuk ke pencernaannya tak dapat dipecah sehingga tak dapat diserap dengan baik yang akhirnya menyebabkan diare.

author