Kenali Sedini Mungkin Gejala Tetanus pada Anak

No comment 512 views

Tetanus merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri clostridium tetani yang biasa masuk ke tubuh seseorang melalui luka tusuk, luka sayatan, atau hanya sekadar lecet akibat benda yang terkontaminasi (seperti paku, kawat, atau pisau yang berkarat).

Setelah menginfeksi pada luka tersebut, bakteri ini selanjutnya akan mengeluarkan racun yang menempel pada saraf – saraf di sekitar area luka yang kemudian ikut terbawa ke sistem saraf tulang belakang hingga otak. Hal ini tentunya berpengaruh buruk pada sistem saraf yang akirnya berujung pada penyakit tetanus.

Berbicara mengenai masalah tetanus ini salah satu yang memiliki potensi terjangkit tinggi tentunya adalah anak – anak. Mengapa? Karena anak – anak sering kali bermain dan dengan tak sengaja menyentuh benda asing yang tak steril dan menyebabkan luka.  Nah berawal dari sinilah seorang anak biasanya dapat terserang tetanus.

tetanus

Mengingat potensi terjangkit yang tinggi tersebut, maka penting bagi seorang ibu untuk dapat sedini mungkin mengetahui gejala yang ditimbulkan oleh tetanus ini. Dengan demikian, dapat segera dilakukan langkah penanganan untuk mengatasinya secepat mungkin sehingga dampak yang ditimbulkan tak terlalu buruk.

Gejala yang muncul sebagai tanda – tanda anak terjangkit tetanus

  • Gejala ringan dapat berupa rasa pusing, demam, menggigil, dan adanya rasa gelisah.
  • Terjadi kejang yang disertai nyeri otot di area rahang, sehingga menyebabkan rahang kaku dan susah dibuka.
  • Otot – otot pada bagian perut menjadi kaku dan sering terjadi kejang
  • Kejang otot bisa disebabkan oleh rangsangan luar berupa cahaya yang terlalu silau atau suara yang terlalu keras.
  • Pada kedaan yang sudah parah, kejang otot akan menyebabkan gangguan otot jantung dan sistem pernfasan sehingga dapat menyebabkan pernafasan terhenti.

Nah bagi ibu yang mendapati buah hatinya mengalami gejala seperti diatas beberapa hari setelah anak terluka (umumnya 5-10 hari), hendaknya waspada dan segera memeriksaan ke dokter agar dapat segera mendapat pertolongan.

author