Kenali Sejak Dini Gejala Tumor Padat pada Anak

No comment 511 views

Kanker pada anak secara umum dapat dibedakan menjadi 2 jenis yakni kanker darah dan tumor padat. Kanker darah pada anak lebih dikenal dengan istilah leukimia yakni produksi sel leukosit yang tidak terkendali sehingga membahayakan tubuh karena dapat menekan produksi sel darah merah dan trombosit. Leukimia pada anak ini umumnya ditandai dengan gejala kejang – kejang, pendarahan pada gusi, hidung, dan kulit, anak nampak lesu, dan perut membuncit.

Sementara itu, berbeda halnya dengan kanker darah, tumor padat pada anak dapat terjadi hampir di setiap organ tubuh anak. Mulai dari bagian luar seperti mata, tangan, kaki, leher, dan telinga, hingga organ dalam seperti paru – paru, sistem pencernaan, serta otak. Berbicara mengenai tumor padat pada anak, gejala yang ditimbulkan umumnya berbeda – beda setiap bagiannya. Untuk itu sebagai seorang ibu hendaknya Anda benar – benar memahami betul masalah ini.

pusing

Beberapa Gejala tumor padat pada anak

  • Tumor otak

Gejala: anak sering pusing, mual – mual, muntah menyemprot, terjadi kelumpuhan, gangguan fungsi alat indra dan keseimbangna. Pada bayi dapat terjadi peningkatan ukuran kepala.

  • Tumor mata

Gejala: mata merah, bengkak, penglihatan terganggu, mata juling, terlihat seperti mata kucing. Umumnya gejala ini tidak akan segera hilang jika hanya diobati dengan obat tetes mata biasa.

  • Tumor Paru – paru

Gejala: sesak nafas, nafas berdesir, nyeri pada bagian dada, batuk yang tak kunjung sembuh.

  • Tumor leher

Gejala: leher anak semaikin besar, terjadi benjolan yang tidak sakit ketika diraba.

  • Tumor saluran pencernaan (Usus)

Gejala: nyeri pada perut yang luar biasa, terjadi gangguan pencernaan seperti sembelit kronis berkelanjutan, vases bercampur darah.

 

author