Kenali Tanda ASI Sudah Cukup Untuk Si Kecil

No comment 1505 views

ASI ekslusif sangat penting diberikan kepada bayi guna menjamin tumbuh kembangnya. Terlebih, ASI mengandung nutrisi yang mampu memberikan kekebalan tubuh sehingga anak tidak mudah terkena penyakit. Namun, persoalan yang sering muncul adalah apakah ASI yang diberikan sudah mencukupi kebutuhannya? Karena tidak sedikit yang merasa khawatir dengan kondisi seperti ini sehingga pemberian susu formula kerap dijadikan sebagai tambahan.

Padahal, ASI sudah diformulasikan secara khusus untuk kebutuhan bayi tanpa adanya tambahan susu lainnya. Hanya saja, banyak para ibu yang lebih merasa khawatir dibandingkan mencari tahu apakah benar bayi kekurangan atau tidak. Untuk itu, sangat perlu diketahui tanda ASI sudah cukup dengan beberapa reaksi yang diberikan si kecil.
Dengan begitu, rasa bingung pun bisa hilang dan kegiatan menyusui semakin menyenangkan.

tanda ASI sudah cukupAda beberapa kebiasaan umum yang terjadi saat ASI sudah cukup seperti bayi akan tidur dengan nyenyak hingga aroma tubuhnya yang tidak bau. Selain itu, payudara akan terasa enteng dan lembut. Belum lagi berat badan si kecil terus bertambah dan kegiatan buang air besar berjalan dengan lancar.

Sebagai ibu menyusui, mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang tinggi adalah langkah yang tepat dan harus dilakukan. Sayuran, buah hingga susu adalah kombinasi yang sesuai untuk mendapatkan kualitas ASI sehingga si kecil pun tidak merasa kekurangan.

Jika tanda ASI sudah cukup tidak terjadi pada kondisi saat menyusui, sebaiknya para ibu menyusui mengunjungi dokter guna mendapatkan saran medis yang diperlukan. Karena penanganan yang tepat dan cepat sangat berperan dalam tumbuh kembang si kecil. Entah itu pemberian vitamin hingga obat-obatan tertentu.

Penggunaan bahan herbal yang banyak ditawarkan oleh berbagai pelaku usaha boleh saja dilakukan namun tetap sesuai dengan anjuran dokter. Hal ini penting agar khasiat dari bahan tersebut tidak saling “bertabrakan” yang pada akhirnya tidak memberikan hasil yang maksimal.

Nah, dengan mengetahui tanda yang diberikan oleh si kecil saat ia kenyang, maka terus beri bayi ASI eksklusif hingga usia 2 tahun.

author