Kesehatan Ibu Hamil Pengaruhi Perkembangan Janin 3 Bulan

Penelitian yang dilakukan secara medis menunjukkan bahwa ada hubungan yang erat antara ibu selama mengandung dan sangat mempengaruhi perkembangan janin. Walau tak bisa juga dipungkiri jika peranan para ayah juga memberikan kontribusi yang cukup besar. Salah satunya adalah kesehatan yang pastinya akan menjamin pertumbuhan janin yang sehat dan kuat.

Itu sebabnya, bagi wanita hamil sangat disarankan menjaga kesehatan baik tubuh dan pikiran karena berpengaruh kepada tekanan psikologis si kecil. Salah satunya pasti menjaga asupan makanan yang sehat dan bergizi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Kemudian, menenangkan pikiran selama masa kehamilan adalah tindakan yang dapat membuat perkembangan janin 3 bulan akan sehat dan tumbuh secara normal.

Perkembangan Janin 3 bulan dan Kunci Menjaga Kesehatan

perkembangan janin 3 bulanBerikut ini ada tiga kunci dalam menjaga kesehatan yang harus dilakukan wanita hamil agar perkembangan janin 3 bulan tidak terhambat seperti :

Memastikan Kebutuhan Vitamin

Tidak sedikit para dokter yang menganjurkan untuk mengkonsumsi vitamin yang diperlukan oleh tubuh selama masa kehamilan. Adapun jenis vitamin yang disarankan harus mengandung zat besi dan asam folat yang dapat membantu janin untuk tumbuh cacat saraf. Selain itu, dapat juga mencegah kelainan di sumsum otak tulang belakang dan otak.

Memilih Makanan Sehat

Mengkonsumsi makanan berserat tinggi adalah tindakan yang tepat untuk memastikan bahwa gizi yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi. Sayuran, buah hingga air putih adalah sebagian jenis makanan yang wajib untuk disantap setiap hari dikarenakan kandungan yang dimiliki. Namun, perhatikan juga cara memasaknya agar kandungan gizinya tidak hilang.

Mendapatkan Istirahat Yang Cukup

Di masa kehamilan, metabolisme berjalan sangat tinggi sehingga dapat menguras energi begitu banyak. Hanya saja, tanpa disadari juga berpengaruh kepada penurunan tekanan darah sehingga sangat dianjurkan untuk beristirahat yang cukup. Setidaknya tidur dengan rentang waktu 7 hingga 8 jam dapat mengembalikan energi yang telah hilang.

Dengan memahami pentingnya menjaga kesehatan selama masa kehamilan, akan membuat perkembangan janin 3 bulan akan terus bertumbuh.

author