Ketahui Gejala Infeksi Pada Anak

No comment 909 views

Di era teknologi kedokteran yang semakin canggih dan disertai dengan adanya program kesehatan dari pemerintah seperti imunisasi rasanya mustahil jika si kecil mendapatkan penyakit. Namun, kekebalan tubuh pada setiap anak tidaklah sama sehingga kemungkinan untuk sakit pun ada. Apalagi, jika asupan makanan bergizi sangat kurang sehingga mau tidak mau berbagai jenis penyakit pun dapat muncul.

Adapun infeksi yang bisa terjadi pada anak sepertinya menakutkan dan terkadang membuat para orang tua panik dan cemas. Untuk itu, mengetahui terlebih dahulu gejala infeksi pada anak dapat membuat perawatan yang dilakukan lebih efektif sebelum memutuskan untuk pergi ke dokter. Berikut beberapa jenis infeksi yang dapat terjadi seperti :

gejala infeksi pada anak

# Infeksi Pencernaan

Gejala umum yang terjadi adalah muntah-muntah atau diare. Ini bisa terjadi karena adanya infeksi virus pada pencernaan yang nantinya akan sembuh sendiri. Hindari penggunaan antibiotika karena di dalam tubuhnya sudah ada cara untuk menyembuhkannya. Sebaliknya, jika disertai dengan darah, maka orang tua harus membawanya kepada dokter.

# Infeksi Kulit

Gejala infeksi pada anak yang terjadi adalah munculnya bintil-bintil berwarna coklat walau ada juga beberapa gejala lainnya seperti berbentuk cacar. Meskipun demikian, orang tua tak perlu cemas karena infeksi pada kulit adalah kondisi yang normal dan dapat disembuhkan.

# Infeksi Saluran Kemih

Adapun gejala yang biasa terjadi pada anak adalah demam sementara pada bayi biasanya akan sulit makan, sering muntah dan lebih banyak tidur. Jika hal berlangsung dalam kondisi lebih dari tiga hari, segera periksakan ke dokter.

Sebenarnya ada banyak jenis infeksi pada anak, namun dengan penjelasan singkat tentang ketiga infeksi diharapkan para orang tua lebih waspada dalam menjaga kesehatan si kecil. Meskipun demikian, tak perlu panik atau malah menyepelekannnya. Yang terutama adalah cermat mengamati segala perubahan yang terjadi pada anak.

Menjaga kebersihan adalah salah satu faktor yang dapat mencegah terjadinya infeksi. Selain itu, membekali diri dengan segala informasi kesehatan terutama mengenali gejala infeksi pada anak dapat memberikan pertolongan pertama sebelum pergi ke dokter.

author